Rabu, 04 Juni 2014

Tim Jokowi Laporkan @Triomacan2000 ke Bawaslu

Tim sosial media pendukung calon presiden Joko Widodo, Jokowi Advanced Social Media Volunteers (Jasmev), melaporkan akun twitter @triomacan2000 ke Badan Pengawas Pemilu karena sering menyebarkan kampanye hitam soal Jokowi.
Laporan ini terkait penyebaran foto berita media online berjudul 'Din: Muhmammadiyah Tidak Pilih Jokowi' yang diduga hasil manipulasi berita situs berita gatra.com. "Ini termasuk kampanye hitam, fitnah. Gatra tidak pernah menulis itu," kata Koordinator Jasmev Kartika Djoemadi pada saat dihubungi Tempo pada Rabu (4/6/2014).
Berita yang sebenarnya berjudul 'Din: Muhammadiyah Lebih Suka Jokowi'pada Kamis, 20 Maret 2014. Namun, ketika Sabtu, 31 Mei 2014, berita foto tersebut telah berubah menjadi 'Din: Muhmammadiyah Tidak Pilih Jokowi'. Dalam berita online tersebut terdapat foto Din mengenakan batik bernuansa coklat berada di sebuah podium beserta mikrofon.
Kartika menjelaskan, isi cuit akun tersebut sering mendeskriditkan Jokowi, sapaan Joko Widodo. Pihaknya juga berencana untuk melaporkannya ke polisi. Namun, akun tersebut merupakan akun anonim. "Belum jelas orang yang nulis, nanti saling tuduh, kan susah juga," ujarnya.
Berita gatra online yang membuat pernyataan Ketua Muhammadiyah Din Syamsuddin itu, menurut Kartika, telah diedit dengan program  photoshop. hasil manipulasi lalu disebarkan ke media sosial oleh @triomacan2000. Ia menduga kuat motifnya membunuh karakter Jokowi yang sedang berlaga melawan Prabowo Subianto agar pemilih meninggalkan Jokowi. "Salah satu admin @triomacan2000 masuk tim sukses Prabowo. Jadi jelas arahnya."   [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar