Kamis, 05 Juni 2014

Sebanyak 38,8% Muslim Kota Dukung Jokowi-JK

Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) unggul di kalangan Muslim kota. Jokowi-JK mendapat hasil sebesar 38,8 persen, dibandingkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.
Hal itu sesuai dengan hasil survei Alvara. “Elektabilitas pasangan Jokowi-JK di kalangan muslim kota sebesar 38,8 persen, sementara Prabowo-Hatta sebesar 29 persen,” kata Direktur Alvara, Hasanuddin saat memaparkan hasil survei Alvara, di Jakarta, Kamis (5/6/2014).
Menurut dia, hasil tersebut sangat menarik karena masih terdapat 32,3 persen yang belum menentukan pilihan. Dengan demikian, lanjut dia, masih terdapat ruang bagi masing-masing pasangan untuk menarik pemilih muslim kota.
“Melihat hasil survei, kami memprediksikan pemenang pilpres (pemilihan presiden dan wakil presiden) masih sulit ditentukan. Masih cukup besar peluang bagi kedua pasangan dalam waktu hingga bulan Juli nanti untuk mendapatkan perhatian Muslim kota dan secara umum hati rakyat,” ujarnya.
Pada bagian lain, dia menyatakan, Muslim kota dari pemilih partai koalisi Jokowi-JK lebih solid memilih pasangan Jokowi-JK, yakni mencapai 67,8 persen. Sedangkan pemilih dari partai koalisi Prabowo-Hatta hanya 54,6 persen.
“Dari kelompok segmen Muslim kota, Jokowi-JK dipilih sebagian besar nasionalis-religius. Secara geografis, elektabilitas Prabowo-Hatta cukup tinggi di luar Jawa. Sedangkan secara usia, terlihat kecenderungan bahwa pemilih Muslim kota yang muda lebih memilih pasangan Jokowi-JK daripada Prabowo-Hatta,” ucapnya.
Dia menambahkan, isu-isu strategis maupun peluru serangan kepada pasangan lainnya diharapkan tetap dalam koridor untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.
Survei dilakukan pada 18-28 Mei 2014, di 10 kota di Indonesia. Adapun 10 kota itu, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin dan Makassar.
Jumlah responden 1.440 orang yang merupakan pemilih muslim dengan usia 20-54 tahun. Metode sampling yang digunakan adalah stratified random sampling dengan margin error sebesar ±2,64 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar