Kamis, 05 Juni 2014

Jokowi Janjikan Papua Bebas Pengangguran

Calon presiden Joko Widodo prihatin sumber daya alam di Papua tak dikelola dengan baik bahkan dikelola asing. Alhasil, banyak rakyatnya yang belum bisa menikmati kesejahteraan.
"Di Papua, yang namanya sumber daya alam itu melimpah ruah dan banyak sekali," kata Jokowi, sapaan akrabnya di sela kunjungannya ke Kampung Yoka, Sentani, Jayapura, Kamis (5/6/2014).
Sebenarnya, kata Jokowi, ada cara paling efektif untuk menyejahterakan kehidupan rakyat di sana. Yakni hasil sumber daya alam yang ada jangan sampai dikelola asing.
"Jangan sampai SDA itu dibawa dari sini ke sana. Oleh sebab itu ke depan kita mau agar SDA itu dikerjakan tapi dikelola juga di sini, sehingga akan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya," jelasnya.
Bila sumber daya alam mampu dikelola sendiri oleh rakyat, otomatis pengangguran di Papua perlahan bisa berkurang. Sebab sumber daya alam yang dikelola pihak luar dapat memperlancar roda perekonomian warga di sana.
"Sehingga tidak ada lagi yang nganggur. Jangan dibawa dari sini ke luar dalam bentuk mentah. Dapat apa yang di sini, kalau pabriknya dibuat di sini, uangnya mutar di sini. Semakin banyak uang yang mutar di Papua masyarakatnya akan sejahtera," tutupnya.  [lia/merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar