Kamis, 05 Juni 2014

Tol Laut Jokowi Sampai Papua

Calon Presiden Joko Widodo mengisi kampanye perdana di Kampung Yoka, Papua hari ini.
Di tempat ini, Jokowi banyak membahas solusi permasalahan Papua dalam kampanye perdananya. Infrastruktur dan pendidikan adalah dua fokus utama yang disampaikan Jokowi.
"Kita ingin bikin jalan tol laut. Tapi jalan tol laut bukan berarti jalan tol di atas laut. Maksudnya itu kapal besar dari ujung barat Sumatera sampai ujung Timur di papua yang terus berkeliling," ungkap Jokowi, Kamis (5/6/2014).
Hal disampaikan sebagai solusi infrastruktur transportasi. Ia mengatakan dengan jalan tol laut tersebut maka pengiriman barang-barang ke Papua akan lebih baik.
"Kalau sekarang ini misalkan semen di jawa 50 ribu, di Papua bisa satu juta. Kenapa? Karena ongkos angkutnya, dengan tol laut itu bisa diatasi," ujar Jokowi.
Mantan Walikota Solo itu mengatakan pengalamannya sebagai pengusaha membuktikan bahwa ongkos angkut kontainer ke Papua tiga kali lipat dari mengirim ke Eropa.
"Tidak hanya di Papua, sapi di NTT misalnya akan selalu kalah bersaing dengan sapi Australia kalah karena kalau dari NTT hanya cukup angkut 200 sapi, nah kalau Australia bisa bawa ribuan sapi. Makanya perlu tol laut," papar Jokowi panjang lebar.
Juru bicara pasangan Jokowi-JK, Anies Baswedan menambahkan bahwa ini adalah Indonesia Kita Semua sehingga semestinya tidak ada pembedaan infratsruktur antara Papua dengan daerah lainnya.
"Pembangunan akses dan infrastruktur di Timur Indonesia menjadi begitu penting saat ini," tukas Anies Baswedan.
Karena itu pula menurut Anies pasangan Jokowi-JK sengaja melakukan kampanye di ujung timur yakni Jokowi di Papua dan ujung barat melalui JK di Aceh.
"Ini upaya memberi pesan bahwa ini Indonesia kita semua. Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke," tutup Anies.  [beritasatu]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar