Kamis, 05 Juni 2014

Bukan Tentang Kegarangan, Tapi Ketegasan

Capres dengan latar belakang militer, sering diidentikan sebagai sosok yang tegas sesuai kebutuhan Indonesia. Meski berasal dari kalangan sipil, bukan berarti Jokowi tidak tahu bagaimana harus bersikap tegas sebagai seorang pemimpin bangsa kelak.
Bagaimana ketegasan menurut Jokowi?
"Berani memutuskan! Berani mengambil resiko!" jawab Jokowi dalam acara Tanya Kandidat di Metro TV, Kamis (5/6/2014) malam.
Bukan kali ini saja ketegasan menjadi isu dalam ajang suksesi kepemimpinan nasional. Pilpres 2009 juga sempat menjadikan faktor ketegasan sebagai salah satu parameter yang dianggap harus dimiliki oleh semua capres dan cawapres.
Masalahnya isu ketegasan selalu lebih condong kepada capres yang punya latas belakang militer. Tidak terlalu mengherankan sebab semasa masih aktif sebagai prajurit, di dalam kesehariannya mereka dituntut bertindak tegas bahkan terkadang keras.
Sebagai orang yang tidak berasal dari militer, Jokowi dipersepsikan kurang tegas. Demikian pula Jusuf Kalla yang menjadi cawapres, juga bukan dari militer melainkan birokrat dan politisi senior sekaligus saudagar sama seperti Jokowi.
Namun praktek pemerintahan membuktikan tidak sedikit kepala pemerintahan daerah yang berasal dari kalangan sipil bahkan PNS yang mampu bertindak sangat tegas lho.   [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar