Selasa, 15 April 2014

Pengamat: Kalau Tidak Ada Jokowi, PDIP Hanya Dapat 11 Persen Suara

Pengamat Politik Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menilai, Jokowi effect tidak berdampak signifikan terhadap perolehan suara PDIP lantaran berbagai faktor.
Faktor yang paling mempengaruhi, selain politik uang yakni Jokowi bukanlah peserta langsung pemilihan umum legislatif.
"Banyak faktor yang terjadi pileg, Jokowi effect tidak bisa dianalisis dari satu sisi saja. Ada faktor money politics dan Jokowi sendiri bukan peserta langsung Pileg," kata Boni dalam diskusi "mengapa Jokowi effect tidak membawa hasil yang maksimal?", Selasa (15/4/2014).
Menurut Boni, politik uang memang sangat berpengaruh dalam proses pemilu. Bahkan dia menilai, politik uang ini akan lebih efektif ketimbang pencitraan melalui media massa.
"Lagipula, saya tidak setuju kalau dikatakan tidak ada Jokowi effect. Kalau enggak ada Jokowi, PDIP paling cuma dapat 11 persen suara," ucap Boni.

Sumber :
beritasatu.com

3 komentar:

  1. Mas boni memang pinter. Jitu kalo menilai, stuju, pst ada efeknyalah, kalo ngga mana mau org2 pilih pdip, kalo bukan krn ada jkw

    BalasHapus
  2. iya betul mas boni saya sekeluaraga dan teman2 nyoblos pdip karena mendukung pak jokowi dan menghargai kelugowoan bu mega menyerahkan tahta cpresnya,,mantap ini baru pengamat yg jenius,,

    BalasHapus
  3. Betul mas boni,politik uang didaerah saya mengalahkan jokowi efek,tapi banyak juga yg pilih PDIP karna jokowi...

    BalasHapus