Selasa, 15 April 2014

Pesan Pimred KOMPAS Kepada Jokowi: Matahari Terbit dari Timur Pak

Bakal calon presiden dari PDI-P bertemu dengan para pemimpin media massa yang bergabung dalam Forum Pemimpin Redaksi, Selasa (15/4/2014). Pemimpin redaksi harian Kompas, Rikard Bagun, menyampaikan sejumlah hal kepada Jokowi. Apa sajakah itu?
"Jangan lupakan Indonesia timur, Pak Jokowi. Matahari terbit di timur," kata Rikard. "Kalau timur tertutup, barat gelap semua Pak," lanjut dia.
Rikard juga menyoroti persoalan koordinasi pada pemerintah sekarang yang tidak sinergis dan cenderung berjalan sendiri-sendiri.
Karenanya, dia menyarankan Jokowi memperhatikan sinergitas di dalam pemerintahan.
Berikutnya, Rikard menyampaikan pandangannya bahwa saat ini Indonesia belum berdaulat di bidang politik dan ekonomi. Instrumen politik republik, ujar dia, digerogoti korupsi dan sistem transaksional. Adapun sistem ekonomi dikuasai pasar tanpa memperhatikan rakyat kecil.
"Selanjutnya, (soal) kepribadian di bidang kebudayaan semakin pudar. Ini (juga) harus diperhatikan," ujar Rikard. Berdaulat di bidang politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan, oleh Presiden Soekarno mendapat nama Trisakti.
Bila Jokowi kelak memang terpilih menjadi presiden, maka Rikard memintanya menjadi kapten lokomotif perubahan besar. Atas semua pandangan dan masukan itu, Jokowi dengan nada tenang menjanjikan akan menjadikannya masukan.
Jokowi kemudian mengatakan tak melihat ada yang perlu dijawab dari paparan Rikard itu. "Saya kira masukannya banyak sekali. Saya lihat ndak ada pertanyaan, jadi ya sudah."

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar