Kamis, 29 Mei 2014

Aktivis Lingkungan Dukung Jokowi-JK

Solihin Gautama Purwanegara dan Relawan Hebat Jokowi-JK (Hejo) mendeklarasikan dukungannya kepada Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Mereka pun telah memadati GOR C-tra Arena Jalan Cikutra No 278 Bandung sejak pukul 09.00 WIB. Dalam kesempatan itu, pasangan Jokowi-JK turut hadir.
Solihin yang pernah menjabat Gubernur Jawa Barat era Soeharto itu telah dikenal pula sebagai sesepuh oleh masyakarakat setempat.
Ia mewakili para relawan meminta pada pasangan capres-cawapres itu untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih.
"Cintailah negara ini sepenuh hati, kami minta pemerintahan yang bersih, yang tidak korup, yang cinta kepada bangsa!" serunya, Kamis (29/5/2014) dan langsung disambut tepuk tangan relawan yang hadir.
Dalam deklarasi yang dibacakan disebutkan pula, selama ini perjuangan bangsa untuk mencapai cita-cita terasa semakin jauh dari yang diharapkan. Cita-cita itu seharusnya diwujudkan, salah satunya dengan masyarakat yang beradab dan sejahtera.
"Selama ini pembangunan politik, ekonomi, sosial dan budaya telah mengabaikan faktor kebersamaan dengan rakyat sebagai pemegang kedaulatan," ujarnya.
Untuk mencegah terjadinya pengulangan kesalahan, katanya, Indonesia memerlukan pemimpin yang memahami kebutuhan seluruh lapisan masyarakat. Mereka melihat pasangan Jokowi-JK mampu untuk mewujudkan harapan mereka.
Meski begitu, Solihin yang memimpin deklarasi itu menyatakan, akan selalu mengkritisi pemerintah. Sehingga dapat selalu terselenggaranya pemerintah yang amanah. "Bila nanti ternyata tidak bersih, tidak mampu menjalankan tugas kami tidak segan untuk mengoreksi dengan tegas," katanya.
Relawan Hejo merupakan gabungan dari para kalangan aktivis pencinta lingkungan. Sesuai slogannya 'No forest, water future, leweung ruksak, cai beak, manusa belangsak' mereka juga mengharapkan pemerintah yang peduli akan kelestarian lingkungan berkelanjutan.
Ketua Forum Penyelamat Lingkungan Hidup (FLPH) Jawa Barat, Thio Setiowekti yang juga tergabung dalam relawan Hejo mengatakan, Jokowi-Jk memiliki visi-misi yang peduli akan lingkungan hidup. Hal itu sejalan dengan visi misi mereka.
Selama ini banyak isu-isu tentang lingkungan yang tidak terselesaikan dengan baik, bahkan cenderung dibiarkan. Ia menyebut kasus Lapindo sebagai salah satu contoh. "Selama ini dipertanyakan di mana peran negara dalam membela rakyat dan NKRI," ujarnya.
Dalam visi-misi Jokowi-JK ia melihat adanya keinginan untuk meningkatkan peran negara itu. Ia melihat adanya kemudahan hak rakyat, misal dalam aksesbilitas penggunaan lahan milik pemerintah. Hal itu menjadi penting melihat kebutuhan rakyat akan lahan yang saat ini sudah semakin terbatas.  [republika]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar