Selasa, 11 Februari 2014

Jokowi Targetkan Pembangunan Waduk Marunda Selesai dalam Setahun

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan pembangunan Waduk Marunda di Cilincing, Jakarta Utara.
"Bismillah kita mulai pembangunan ini, setelah ini baru kita urusi yang Timur lalu Barat. Ini kan kita masih pakai alat-alat kita sendiri, nanti kalau alat-alat berat sudah dilelang, semua akan dikerjakan cepat, kejar-kejaran," kata Jokowi di Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (11/2/2014).

Luas kawasan Waduk Marunda 65 hektare, sementara total penampang waduk 30 hektare. Nantinya, waduk akan menampung air yang mengalir dari Kanal Banjir Timur (KBT) lalu lewat Kali Blencong dan masuk ke waduk.
Jokowi menginstruksikan agar di sekitar waduk dibangun taman rekreasi. Diperkirakan, Waduk Marunda akan rampung pada akhir tahun 2014 ini.
Terkait relokasi warga, Jokowi mengatakan Pemda DKI Jakarta telah menyiapkan dana pembebasan lahan.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Manggas Rudy Siahaan menjelaskan warga yang memiliki sertifikat tanah lengkap akan mendapat ganti rugi.
"Kita lihat nanti, kalau dia punya sertifikat ya kita ganti, kalau tidak akan direlokasi ke rusun," kata Manggas.
 Waduk Marunda di Cilincing, Jakarta Utara, mulai dibangun. Waduk yang akan difungsikan seperti Waduk Pluit itu ditargetkan selesai pembangunannya dalam tempo 1 tahun.

Waduk Marunda Akan Tampung Air dari BKT
Pada kesempatan tersebut, Jokowi menjelaskan recana dan tujuan waduk Marunda direvitalisasi. 
"Nanti setelah lelang, kita tambah jadi 15 (ekskavator)." Di sekitar lokasi tampak tambak-tambak udang dan rumah-rumah kecil sederhana. Menurut Jokowi, luas waduk nantinya 56 hektare untuk mengatasi banjir di kawasan timur Jakarta. "Waduk ini akan tampung air dari sebelah timur seperti BKT, Kali Blencong. Kalo penuh, pompa ke laut." Dia menambahkan, Waduk Marunda akan dibuat seperti Waduk Pluit. Artinya, waduk akan dilengkapi taman rekreasi dan taman bermain. Anggaran pembangunan sudah dimasukkan ke APBD tahun 2014. Wali Kota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono mengatakan, perlu pembebasan lahan dari 150 rumah lagi. Mengenai pembebasan lahan, Jokowi mengatakan bakal membicarakan dengan warga. "Nanti kita bicarakan. Gampang. Maunya gimana?" Kadis PU, Manggas Rudy Siahaan mengatakan, pembangunan waduk ditargetkan selesai dalam satu tahun. "Secepat-cepatnya," kata Jokowi. Rudy menyebut, Waduk Marunda adalah satu dari sembilan waduk yang akan dibangun tahun ini. Selain Marunda akan dibangun lagi di Sunter, dua di Pantai Indah Kapuk, Rorotan, Debrigif, dan Lebak Bulus.

Sumber :
- antaranews.com
- tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar