Rabu, 14 Mei 2014

Jokowi Pejabat Ratusan Ribu Rupiah

Salah satu yang membuat rakyat bersimpati kepada Jokowi adalah kesederhanaannya. Di dalam aktifitasnya sehari-hari Jokowi mengenakan pakaian yang tidak menunjukan dirinya adalah pejabat negara.
Kesederhanaan itu yang kemudian menjadi ide sebuah baliho di pelataran Kantor DPP PDIP, Jl Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Baliho berukuran 5x3 meter itu dibuat relawan Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) dengan tagline "Pejabat foya-foya, rakyat menderita". Di bawah nama Jokowi juga tertera  "Jujur, Merakyat,Sederhana".
Di sana terlihat foto Jokowi dengan stelan baju putih favoritnya plus label harga. Kemeja putih Rp 100 Ribu, tidak pakai perhiasan, celana Rp 110 Ribu, dan sepatu Rp 160 Ribu. Maka total pakaian Jokowi itu hanya senilai Rp 370 ribu.
Kepada wartawan beberapa waktu lalu, Jokowi mengatakan alasan khusus mengapa dirinya selalu mengenakan pakaian tersebut. "Harganya murah, berarti ya ngirit. Saya dengan gaya seperti ini kelihatan pas," ujarnya pekan lalu (7/5/2014).
Jokowi mengaku tak peduli bila gaya berpakaiannya dibilang terlalu sederhana dan terkesan murahan. Menurutnya, dengan memakai pakaian murah, tidak akan mempengaruhi kinerjanya.
"Sebetulnya pakai baju yang murah yang mahal dengan brand pakai jas sebetulnya apa sih? Nggak ada yang beda. Sama saja, tinggal menyesuaikan. Sehingga saya pilih yang murah saja," jelas bakal capres dari PDIP-NasDem-PKB.
Terkait dengan lengan kemeja yang selalu digulung hingga siku, Jokowi pun mengaku punya filosofi sendiri. "Kalau digulung itu punya makna sendiri, itu mengartikan sebagai seorang pemimpin kita siap untuk bekerja," ungkapnya.  [Lhe/metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar