Rabu, 14 Mei 2014

Almisbat: Jokowi Punya Persyaratan Lengkap Pimpin Indonesia Modern

Kehadiran Joko Widodo membuka peluang tumbuh suburnya semangat baru dan menutup era generasi lama dengan mentalitas yang lama.
"Jokowi memiliki sejumlah persyaratan lengkap untuk menjadi pemimpin Indonesia modern mulai dari komitmen terhadap hak-hak ekonomi sosial budaya dan rakyat kecil," kata Sekjen Aliansi Masyarakat Sipil Indonesia Hebat (Almisbat), Hendrik Sirait saat menggelar jumpa pers di Jakarta, Rabu (14/5).
Hendrik menilai kepemimpinan Jokowi sederhana, anti korupsi, pluralisme serta rekam jejaknya yang bersih dari dosa-dosa orde baru.
"Jadi, dukungan yang diperlukan untuk Jokowi adalah dukungan yang bersifat kritis dan rasionall bukan pengkultusan, sehingga yang didukung adalah gagasan dan ketekunannya dalam menyelesaikan masalah Indonesia yang begitu kompleks," ucapnya.
Atas dasar itu, Almisbat memberikan beberapa pertimbangan dan pemikiran bahwa gagasan jokowi mengenai revolusi mental sebagai dasar membangun Indonesia sangat tepat.
"Untuk itu, kekuatan politik yang akan dibangun seharusnya disusun dari kekuatan politik yang terbebas dari pengaruh mentalitas lama," ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Hendrik mengharapkan dalam membangun komposisi politik harus cermat.
"Memenangkan pilpres penting, tapi membangun dan mengisi kekuasaan setelah kemenangan tidak kalah penting," ucapnya.
Ia menambahkan, koalisi yang berdasar pembagian kekuasaan sangat rentan terhadap tarik menarik kekuasaan.
"Oleh sebab itu, lebih baik jika koalisi mempertimbangkan kesamaan visi dan platform untuk terciptanya penyelenggaraan negara yang efektif," tambahnya.  [beritasatu]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar