Selasa, 13 Mei 2014

Selain Jokowi, Prabowo-Hatta Juga Akan Temui SBY Hari Ini

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan menerima dua bakal calon presiden yaitu Gubernur DKI Joko Widodo dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, Selasa 13 Mei 2014. Prabowo dijadwalkan bertemu SBY bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa.
Seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Jokowi dijadwalkan akan diterima di kantor Presiden, pada pukul 13.00 WIB. Belum diketahui materi yang akan dibicarakan dalam pertemuan Presiden SBY dengan Jokowi.

Namun besar kemungkinan terkait dengan pengajuan cuti Jokowi sebagai Gubernur DKI mulai 18 Mei. Jokowi mengajukan cuti terkait dengan pencalonannya sebagai presiden yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
Sebagaimana diketahui sesuai  Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2013, kepala daerah yang akan ikut dalam kampanye pemilihan presiden harus mengajukan cuti. Tenggat pengajuan adalah 12 hari sebelum pendaftaran presiden di Komisi Pemilihan Umum yang akan dibuka pada 18 Mei 2014.
Aturan tersebut juga diperkuat oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2009. Dalam aturan itu tercantum jika izin cuti yang bersangkutan disetujui, maka akan keluar keputusan presiden, sehingga gubernur dinyatakan non-aktif hingga KPU menetapkan pasangan calon presiden dan wakil terpilih.
Jokowi sendiri dalam beberapa kesempatan sudah menyampaikan akan menemui Presiden SBY terkait dengan permohonan cutinya itu.
“Secara administratif, surat-surat (permohonan cuti) sudah saya sampaikan. Tapi, saya akan menemui presiden secara langsung untuk meminta izin cuti tersebut," kata Jokowi di Balai Kota, Rabu 7 Mei 2014 lalu.
Prabowo juga sejak pengumuman hasil hitung cepat pemilu legislatif mengajukan permohonan untuk bisa bertemu SBY. "Dalam waktu dekat, Pak Prabowo akan bertemu dengan beliau," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon di kantor DPP Partai Gerindra, Sabtu 12 April lalu.
Menurut jadwal yang direncanakan pertemuan antara SBY dengan Prabowo dan Hatta akan dilakukan di kantor Presiden, pukul 17.00 WIB.   [umi/vivanews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar