Senin, 02 Juni 2014

Jokowi Bicara Empat Mata dengan Sultan

Kedatangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla langsung disambut Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X di kediamannya di Keraton Kilen, Senin, 2 Juni 2014. Segenap keluarga Sultan yang terdiri dari permaisuri, anak, menantu, dan cucu turut serta menyambut rombongan tersebut.
Hanya saja, Sultan dan Jokowi langsung masuk ke ruang tamu berukuran kecil yang berada di samping ruangan besar tempat rombongan duduk. Pengurus DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Aria Bima membenarkan, pertemuan itu tertutup hanya empat mata antara Sultan dan Jokowi. Kalla tidak dilibatkan dalam pertemuan tersebut.
"Ya, enggak tahu. Itu permintaan mereka berdua," kata Aria kepada Tempo di sela waktu menunggu kedua tokoh tersebut.
Aria pun menyatakan tak tahu menahu isi pembicaraan antar keduanya.
"Ya enggak tahu. Tanya saja Pak Sultan atau Jokowi," kata Aria.
Pertemuan sudah berlangsung lebih dari 30 menit. Namun keduanya belum juga akeluar dari ruangan tersebut.
Keluarga Sultan yang hadir adalah permaisuri GKR Hemas, putri-putrinya seperti GKR Pembayun, GKR Condrokirono, GKR Bendara, menantunya Kanjeng Pangeran Haryo Yudonegoro.

Ketika JK Ditinggal Jokowi Bicara dengan Sultan
Ketika calon presiden Jokowi bertemu empat mata dengan Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X di kediaman Sultan di Keraton Kilen, calon wakil presiden Jusuf Kalla tidak dilibatkan. Kalla memanfaatkan waktu itu dengan berfoto bersama anak Gusti Kanjeng Ratu Bendara, putri bungsu Sultan.
Kalla berfoto dengan cucu perempuan Sultan yang bernama Nisaka Irdina Yudonegoro. Cucu Sultan itu baru lahir beberapa bulan lalu.
Segenap keluarga Sultan menyambut rombongan pasangan Jokowi-Kalla. Namun hanya Sultan dan Jokowi yang masuk ke ruang tamu berukuran kecil yang berada di samping ruangan besar tempat rombongan duduk.
 Pengurus DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Aria Bima membenarkan, pertemuan itu tertutup dan hanya melibatkan empat mata, yakni Sultan dan Jokowi. Kalla tidak dilibatkan dalam pertemuan tersebut. "Ya, enggak tahu. Itu permintaan mereka berdua," kata Aria kepada Tempo di sela waktu menunggu kedua tokoh nasional tersebut.
Sambil menunggu pertemuan yang berlangsung, JK asyik berfoto dengan cucu Sultan, anak dari putri keempat Sultan, Gusti Kanjeng Ratu Hayu-Kanjeng Pangeran Haryo Notonegroro.
Jepretan kamera pun berhamburan, baik oleh keluarga Sultan maupun wartawan yang hendak mengabadikan momen tersebut. "Ini bekas pegawai saya," kata JK memegang pundak Pangeran Haryo yang juga langsung mengangguk dan tersenyum.
JK tampak gemas terhadap bayi dari pasangan yang baru menikah setahun lalu itu. Sesekali dia itu memegang kaki dan mengusap kepalanya sang bayi. Senyum lebar menghias bibirnya.   [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar