Sabtu, 03 Mei 2014

Jokowi Silaturahmi ke Sejumlah Tokoh NU dan Muhammadiyah

Calon presiden (capres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Joko Widodo (Jokowi) melakukan silaturahmi ke tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Ia mendatangi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng). Kunjungan itu berlangsung hingga Minggu (3/5). "Pada hari libur kerja Sabtu dan Minggu, Pak Jokowi akan melaksanakan kegiatan silaturahmi ke tokoh-tokoh NU dan Muhammadiyah di Yogyakarta, Jatim dan Jateng. Kunjungan tersebut dalam rangka sliaturahmi dan penguatan hubungan Jokowi dengan tokoh-tokoh Islam di berbagai pesantren," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Ahmad Basarah di Jakarta, Sabtu (3/5/2014).
Dia menambahkan, Jokowi juga akan berziarah ke makam para tokoh-tokoh bangsa. "Pak Jokowi nantinya juga ziarah ke makam Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid," imbuhnya.
Kunjungan Jokowi ini dalam rangka melaksanakan ajaran Trisakti Bung Karno. Khususnya, ajaran ketiga yakni membangun kepribadian bangsa yang berkebudayaan Indonesia.
"Seperti kita ketahui, tradisi silaturahmi kepada sesama tokoh bangsa dan ziarah ke makam tokoh-tokoh bangsa adalah bagian dari tradisi yang hidup dalam budaya bangsa Indonesia," ujar Sekretaris Fraksi PDI-P MPR ini
Menurutnya, Jokowi berkomitmen menjaga tradisi dan budaya bangsa. Sebuah tradisi dan budaya yang diwariskan leluhur bangsa. "Kunjungan Jokowi, efektif untuk melindungi budaya bangsa dari gempuran nilai-nilai asing yang dapat menggerus kepribadian bangsa," pungkasnya.
Berikut beberapa agenda kunjungan Jokowi. Jokowi dan rombongan berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma pukul 07.00 WIB menuju Yogyakarta. Tiba di Kota Pelajar tersebut, rombongan menuju tokoh Muhammadiyah Buya Syafii Maarif.
Selanjutnya, rombongan menuju Taman Siswa. Pukul 10.15 rombongan bertolak ke Surabaya, Jatim. Di Kota Pahlawan, rombongan menuju tokoh perempuan NU, Khofifah Indarparawansa.
Pukul 13.15, rombongan menuju Jombang, Jatim. Di Jombang rombongan di antaranya bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Pacul Gowang dan Tebu Ireng. [beritasatu]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar