Sabtu, 03 Mei 2014

Jokowi: Kita Hanya Mengejar Nilai, Lupa Basic Pendidikan yaitu Kejujuran

Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Sehari berselang, Capres PDIP Jokowi memperingati Hardiknas dengan mengunjungi rumah pertama Ki Hajar Dewantara di Yogyakarta.
Rumah pertama pahlawan pendidikan itu terletak di Jalan Taman Siswa, Yogyakarta. Kedatangan Jokowi Sabtu (3/5/2014) sekitar pukul 11.00 WIB disambut oleh ratusan siswa SD yang bersekolah tak jauh dari rumah yang telah dijadikan museum itu. Mereka juga tak lupa meminta tanda tangan kepada Jokowi.
Jokowi menilai bahwa pendidikan yang terpenting adalah tentang budi pekerti. Sayangnya pendidikan budi pekerti ini seakan telah dilupakan begitu saja.
"Kita hanya mengejar nilai-nilai, matematika, fisika, biologi, bahasa inggris dan melupakan yang berkaitan dengan isi kita sebagai manusia. Yang basic sekali adalah pendidikan mengenai kejujuran," tutur Gubernur DKI Jakarta itu.
Museum yang sekaligus rumah pertama Ki Hajar Dewantara itu berupa bangunan satu lantai yang sederhana dan dipenuhi dengan perabotan yang pernah dipakai Ki Hajar semasa hidupnya. Selain itu nampak juga foto-foto hitam putih Ki Hajar saat masih aktif berjuang memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar