Kamis, 10 April 2014

Sikapi Pileg, Jokowi Ubah Strategi Hadapi Pilpres

Hasil hitung cepat (quick count) pemilihan legislatif menempatkan PDIP di posisi pertama namun dengan raihan suara yang jauh dari target pencapresan. Sikap hasil pileg yang mengecewakan, Jokowi akan mengubah strategi hadapi pilpres.
Presidium Seknas Jokowi Dadang Juliantara mengatakan hasil pileg seperti yang ditunjukan hitung cepat, bagi Jokowi adalah manifestasi keputusan rakyat yang harus diterima sebagai kenyataan politik, kendati tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
"Satu etape sudah dilalui, kini saatnya ini memulihkan seluruh energi perjuangan, dan kembali menata langkah," ujar Dadang dalam rilisnya kepada detikcom, Kamis (10/4/2014).
Seknas Jokowi, menurutnya, akan mengubah langkah-langkah ke depan menghadapi Pilpres. Pertama, melakukan evaluasi menyeluruh atas strategi dan praksis pemenangan dalam pileg, kemudian mengubah strategi pemenangan. Seknas Jokowi akan mempersiapkan strategi khusus, yang menggabungkan antara pergerakan akar rumput melalui 'getok tular', 'serangan udara', dan sebuah operasi bayangan.
"Jokowi ingin mengurangi sampai ke titik terendah, semua jenis kesalahan langkah. Penguasaan medan, pilihan serangan yang jitu, tentu akan membawa hasil yang maksimal," imbuhnya.
Kedua, lanjut dia, secara intensif akan melakukan pendekatan dan komunikasi politik dalam rangka membangun kerja sama yang didasarkan pada 'kehendak menyelesaikan masalah-masalah mendasar bangsa', bukan atas kehendak pragmatisme-transaksional.
Jokowi, menurut Dadang, percaya pada waktunya akan ditemukan partner yang sesuai yang akan melebarkan jalan kemenangan. Jokowi menyadari bahwa rakyat menginginkan suatu tim impian dan sekaligus program konkrit yang menjadi bagian dari penyelesaian masalah-masalah rakyat.
"Di atas itu semua, Jokowi mengingatkan agar hasil pileg ini benar-benar menjadi bahan pembelajaran, bahwa segala jenis kelengahan harus dibuang jauh-jauh, dan fokus serta bekerja dengan penuh semangat. Tidak lagi waktu untuk berpikir ke belakang. Saatnya terus berpikir ke depan, temukan peluang walau dalam situasi sulit," pungkas Dadang.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar