Rabu, 09 April 2014

Populi Center: Koalisi PDIP Bisa dengan NasDem, Golkar dengan PKS

Lembaga survei Populi Center merilis hasil hitung cepat sementara Pemilihan Legislatif 2014 yang berlangsung hari ini. Dari hasil perhitungan diketahui tidak ada partai yang dominan dalam perolehan suara. Yang akan terjadi selanjutnya adalah politik kontestasi melalui koalisi yang dibangun masing-masing partai.
Nico Harjanto, Ketua Yayasan Populi Center, mengatakan ada tiga tiket atau boarding pass yang dapat dibangun setiap partai untuk mengusung Capres dan Cawapres yang dijagokan, bila melihat dari hasil hitung cepat yang dijajaki pihaknya.
"Pertama, PDIP bermitra koalisi dengan NasDem, ini bisa menghasilkan 25 persen. Mereka sudah mulai ada pendekatan.
Kalau ditambah PKB juga memungkinkan," kata Nico saat jumpa pers di Kantor Populi Center, Jl Patal Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (9/4/2014).
Tiket yang kedua, sambung Nico, dipegang oleh Golkar dan PKS. Dia memiliki alasan tersendiri mengenai koalisi kedua partai ini. " Dilihat dari sisi historisnya, Golkar dan PKS masih punya habit yang sama, punya chemistry. Gerindra juga ada kemungkinan ke Golkar," kata Nico.
Tiket untuk menuju Capres dan Cawapres ketiga dipegang oleh Demokrat. Nico menilai, secara ketokohan SBY masih memiliki pengaruh karena memiliki besan yang juga Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. Capaian suara PAN dalam hitung cepat Populi sebanyak 7%. Untuk koalisi, Demokrat dapat bergandengan dengan Gerindra.
"Kalau bisa mengajak Gerindra ada kemungkinan, karena SBY dan Prabowo hubunganya belakangan ini lumayan hangat," papar Nico.
Hingga pukul 18.00 WIB, total suara yang masuk Populi Center sebanyak 72,25%. Berikut hasil hitung cepat sementara Populi Center sesuai nomor urut partai:

  1. PDIP: 18,4%
  2. Golkar: 15,6%
  3. Gerindra: 12,0%
  4. PD: 9,8%
  5. PKB: 8,6%
  6. PAN: 7,3%
  7. PPP: 7,2%
  8. PKS: 6,7%
  9. NasDem: 6,5%
  10. PBB: 1,3%
  11. PKPI: 0,9%
Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar