Rabu, 09 April 2014

Efek Jokowi Tak Kuasa Hadapi Serangan Lawan

Hitung cepat sejumlah lembaga survei di pemilu legislatif menyatakan bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi jawara di 2014. Namun prediksi PDIP menang besar meleset karena partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu hanya memperoleh suara di bawah 20 persen.
Pengamat Politik UI Andrinof Chaniago menilai efek Jokowi yang tak mampu membawa PDIP menang besar karena banyaknya serangan politik ke gubernur DKI Jakarta itu. Karena itu dia melihat wajar jika efek Jokowi tidak berpengaruh di pemilu legislatif.
"Pertama dari partai besar lainnya saya lihat serangannya terarah, tiga partai terutama yang punya televisi," ujar Andrinof saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (9/4/2014).
Tak hanya itu, lanjut dia, serangan Jokowi yang cenderung masif ini bahkan menginstruksikan secara khusus kepada media yang dimiliki elite politik untuk tidak memberitakan Jokowi. Jika pun diberitakan, kata dia, hanya persoalan yang jelek saja.
"Ada yang memblok sama sekali berita Jokowi, Kalaupun ada PDIP diberitakan yang jeleknya saja. Kita tunggu saja nanti hasil riset media televisi (soal pemberitaan Jokowi)," tegas dia.
Selain serangan dari luar, kata dia, di internal PDIP juga tidak kondusif untuk benar-benar mencapreskan Jokowi di Pilpres pada Juli nanti. Hal itu terlihat dari tokoh PDIP yang ditonjolkan di iklan televisi justru Megawati dan putri bungsunya Puan Maharani.
"Saya melihat ada persoalan di internal PDIP, apa itu? kekuatan Jokowi tidak digunakan terhadang dengan memunculkan iklan Mega dan Puan," ujar dia.
"Jadi kita bisa lihat dari situ, saya tidak tahu apakah skenario bersama, karena takut sulit mengajak PDIP berkoalisi, ini analisis saya. Potensi tetap 30 persen PDIP di pileg, itu jelas. Tetapi ini soal permainan dan kecanggihan politik," pungkasnya.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar