Jumat, 30 Mei 2014

Jumat Tanpa Bersepeda Untuk Jokowi

Gubernur DKI Joko Widodo pernah rajin naik sepeda setiap hari Jumat dengan beberapa komunitas sepeda di Jakarta. Namun kebiasaan ini sudah tak nampak beberapa minggu terakhir.
Seperti yang terlihat di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (30/5/2014) pagi ini, Jokowi menumpangi Toyota Innova berwarna putih dengan nopol 1567 PRA. Ia tiba di kantornya sekitar pukul 07.58 WIB.
Mengenakan baju koko putih dengan sarung berwarna biru di lehernya, Jokowi hanya menyapa beberapa awak media dan warga yang hendak menemuinya. Tak lama kemudian, ia langsung masuk ke kantornya.
Kebiasan eks walikota Solo ini bersepeda ke kantor dimulainya di awal November 2013. Ia bersama komunitas 'Bike To Work' selalu berangkat dari rumahnya di Jalan Taman Suropati, Jakpus, dengan bersepeda ramai-ramai. Agar tak bosan, ia sempat mengubah beberapa kali rutenya bahkan sempat blusukan di kawasan Kwitang, Senen.
Saat pertama kali bersepeda, Jokowi mengatakan akan mencoba konsisten untuk terus bersepeda ke kantor.
"Iya (rencananya) setiap Jumat ke kantor naik sepeda," kata Jokowi usai gowes di kantornya, Jumat (1/11/2013).
Lebih dari itu, Jokowi juga membuat Instruksi Gubernur DKI No 150 tahun 2013 yang meminta seluruh bawahannya (termasuk wakilnya, Basuki T Purnama) untuk tak menggunakan kendaraan pribadi ke kantor di hari Jumat pertama setiap bulan.
Namun sudah lebih dari sebulan ini Jokowi tak lagi bersepeda ke kantor. Komunitas sepeda yang kerap menyambangi rumahnya dan beramai-ramai bersepeda ke Balai Kota juga sudah tak tampak di depan rumahnya.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar