Jumat, 30 Mei 2014

Hari Terakhir Sebagai Gubernur DKI

Jumat 30 Mei 2014 adalah hari terakhir Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai gubernur DKI sebelum menjalani masa panjang Pilpres dan akhirnya menjadi Presiden Republik Indonesia ke-7. Hari ini Jokowi menandatangani kerjasama pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Pasanggrahan dengan Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PU.
MoU ini dilaksanakan di aula Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.
Hal ini dilakukan sebagai langkah menyelamatkan Jakarta dari bahaya banjiryang selalu dan selalu mengancam ibu kota.
"Tindak lanjut dari normalisasi kali pesanggrahan yang melewati tanah Polri, yakni sekolah polwan di Pasar Jumat," kata Dirjen SDA KemenPU, M Hasan saat memberikan sambutannya.
Ia mengatakan pembebasan lahan serta pengerjaan fisik proyek ini harusnya selesai pada Agustus namun akan diperpanajng hingga Desember 2014. MoU ini dilakukan untuk mempercepat lahan di sepanjang kali Pasanggrahan yang panjangnya sekitar 22 km.
"Insya Allah secara fisik progres 70 persen, tapi fungsi pengaliran baru separuh sungai karena terhambat pada pembebasan lahan," ujarnya.
Jokowi sendiri menyatakan normalisasi ini akan membantu Jakarta keluar dari masalah banjir. Pemprov DKI bertugas untuk membebaskan lahan sementara pengerjaan fisiknya akan dikerjakan oleh KemenPU.
"Bagian kita bagian pembebasan lahan, pembahsan tanah, bagian pak Dirjen, bagian kemen PU yang berkaitan dengan fisiknya, konstruksinya, pelebaranannya, dan pendalamannya," ujar Jokowi usai acara MoU.
Normalisasi ini bagian dari proyek Kali Pasanggrahan, Angke dan Sunter yang sudah berjalan 3 tahun terakhir. Untuk kali ini KemenPU berharap pemprov DKI segera membebaskan lahan di daerah Kedoya, Ulu Jami, Cipulir sebelum musim hujan. Proyek ini menelan anggaran sekitar Rp 500 miliar gabungan dari pemerintah pusat dan pemda DKI.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar