Senin, 05 Mei 2014

Jokowi: Koalisi Gede Seperti Setgab Terkadang Bisa 'Menyandera'

Capres PDIP Joko Widodo (Jokowi) mengomentari soal 'koalisi gede' yang sedang diusahakan Partai Gerindra dengan capres Prabowo Subianto. Sambil membandingkan dengan koalisi Setgab yang cenderung gemuk, dia menilai koalisi semacam itu bisa 'menyandera'.
"Yang gede, seperti yang sekarang, Setgab, itu gede sekali ada 78 persen. Toh juga kadang-kadang malah menyandera juga, membebani juga, permintaannya macam-macam juga kan," tutur Jokowi di Restoran Kunstkring, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/5/2014) malam.
Namun demikian, Jokowi menilai koalisi gemuk yang diusahakan Gerindra dan Golkar merupakan hak partai yang bersangkutan. Seperti diketahui, Gerindra dan Golkar semakin mesra dalam berkomunikasi.
"Ya suka-suka lah, suka-suka ketuanya dong, yang punya partai," kata Jokowi.
Jikapun terwujud, belum tentu juga koalisi gemuk bisa membelenggu jalannya pemerintahan. Jokowi merujuk pada pengalaman di Solo dan DKI.
"Di Solo, kita ada 38 persen partai besar, nggak pernah divoting. Di sini (Jakarta) belum pernah voting juga, artinya ini tergantung komunikasi politik," tutur Gubernur DKI mantan Walikota Solo ini.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar