Senin, 05 Mei 2014

Jokowi: Sistem Pendidikan Pesantren Harus Fokus ke Sains dan Teknologi

Calon Presiden PDIP, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya mendapat banyak masukan dari hasil kunjungan ke sejumlah pesantren di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jokowi mencontohkan sistem pendidikan pesantren perlu lebih difokuskan.
"Saya kira pesantren yang difokuskan ke sains, fokus teknologi juga bisa," kata Jokowi kepada Republika, Senin (5/5/2014).
Jokowi menilai sistem pendidikan yang berlaku di pesantren sangat bagus. Pesantren menanamkan akar budaya dan kepribadian ke dalam diri santri. Di pesantren, imbuh Jokowi, para santri didik memiliki mental yang lebih kuat, terutama hal yang berkaitan dengan mental dan akhlak karimah.
Jokowi mengatakan berkunjung ke pesantren dan bersilaturahmi ke ulama merupakan bagian dari upaya melestarikan kepribadian bangsa. Sejak lama orang Indonesia mengenal tradisi silaturahmi ke ulama maupun orang tua. "Ke ulama dan pesantren memang sudah menjadi kewajiban," ujar Jokowi.
Dari kunjungan ke sejumlah pesantren Jokowi mengaku mendapat banyak masukan dari ulama tentang tata cara membenahi masalah bangsa. Dia berharap kunjunganya ke pesantren bisa meningkatkan sinergi antara kamu nasionalis dan agama dalam membangun bangsa.  [republika]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar