Rabu, 30 April 2014

Jokowi Inginkan Koalisi yang Efektif

PDI Perjuangan dan capresnya, Joko Widodo (Jokowi), akan mendorong terbentuknya kerja sama partai politik yang tidak gemuk namun efektif. Itu sebabnya PDIP tak berusaha mati-matian memaksa parpol peserta pemilu bergabung dengan mereka. "Saya lebih condong menyebut kita membangun kerja sama efektif. Artinya koalisi antarparpol yang bekerja secara total," kata Politisi Senior PDI Perjuangan, Sidarto Dhanusubroto, di Jakarta, Rabu (30/4/2014).
Memang ada satu pilihan lainnya, seperti yang dipraktikkan SBY di pemerintahannya 10 tahun terakhir. Yakni kerja sama parpol atau koalisi gemuk dalam bentuk Sekretariat Gabungan (Setgab).
"Itu gemuk tapi saling menyodok. Sama saja tak efektif. Satu kaki di pemerintahan, satu kaki di oposisi. Itu bukan keinginan kita. Rakyat ingin koalisi efektif. Itu yang dipikirkan Pak Jokowi. Bu Mega juga setuju prinsip itu," jelas Sidarto.
Dia melanjutkan lebih baik bila PDIP betul-betul total dengan sedikit parpol, namun satu hati dalam merajut kerja sama yang solid.  [beritasatu]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar