Rabu, 30 April 2014

PKB Sarankan Jokowi Pilih Wakil Berpengalaman

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Ja'far mengatakan partainya sudah mencapai kesepakatan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di pemilhan presiden nanti. PKB, kata Marwan, tak mengajukan syarat tertentu dan menyerahkan keputusan calon wakil presiden pendamping Joko Widodo kepada partai pemimpin koalisi. "Pasti kami memberikan masukan tetapi semuanya diserahkan ke pemimpin koalisi," kata Marwan saat dihubungi, Rabu (30/4/2014).
Marwan mengatakan PKB telah menyarankan kepada Jokowi untuk memilih calon wakil presiden yang bisa diajak bekerja sama. Partai juga memberi masukan untuk memilih calon yang sudah berpengalaman di bidang pemerintahan. Marwan menuturkan calon wakil presiden nanti hendaknya yang menjadi magnet suara. Terkait usia lebih tua atau muda dibanding Jokowi, Marwan mengatakan itu tak penting.
Sebaliknya, kata Marwan, PDI Perjuangan dan Jokowi juga sudah mengajak PKB berdskusi terkait calon wakil presiden. Ada beberapa nama, kata dia, namun belum ada yang pasti ditetapkan. "PDI Perjuangan mengajak kami berdiskusi soal visi-misi, bagaimana pemerintahan ke depan sampai terkai calon wakil presiden," katanya. Namun Marwan menolak menyebut nama-nama yang menjadi kandidat.
Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar membenarkan bahwa partainya sudah menjalin kesepakatan koalisi dengan PDI Perjuangan. Selain dengan PKB, PDI Perjuangan telah sepakat koalisi dengan Partai Nasional Demokrat dua pekan yang lalu. [Sundari/tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar