Kamis, 20 Maret 2014

Promo: Din Syamsuddin Cocok Jadi Cawapres Jokowi

Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Publik Sabang-Merauke Circle (SMC), Syahganda Nainggolan mengapresiasi pertemuan Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin di Jakarta, Kamis (20/3/2014).
"Pertemuan tersebut harus diapresiasi sebagai langkah istimewa Jokowi, guna mendapatkan dukungan atau kepercayaan dari kalangan Islam terkait agenda pencalonannya menghadapi pilpres 2014 mendatang," jelasnya di Jakarta, Kamis (20/3/2014).
Menurut Syahganda, sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din merupakan pimpinan ormas Islam berpengaruh. Karena itu, pertemuan Jokowi-Din dapat berimplikasi positif terhadap upaya Jokowi dalam memperluas basis dukungan politik menuju Pilpres 2014, utamanya yang berasal dari lingkungan organisasi Muhammadiyah.
"Ini tentu merupakan momentum strategis dan membawa dampak yang semakin besar pada penciptaan dukungan bagi Jokowi secara meluas," tambahnya.
Di luar itu, Syahganda tidak menampik bahwa pertemuan itu bisa ditafsirkan sebagai prakarsa pihak Jokowi untuk menjajaki kemungkinan menggandeng Din Syamsuddin selaku cawapresnya. "Asumsi meletakkan Din menjadi calon wakil presiden untuk Jokowi adalah wajar, mengingat keberadaannya yang sudah dikenal luas, sosok dengan kredibilitas tinggi, dan memiliki basis massa sangat besar di tanah air melalui ormas yang dipimpinnya," ungkapnya.
Lebih lagi, kata Syahganda, Din tergolong figur berkarakter nasionalis, seorang intelektual dengan pengakuan internasional, serta kepribadiannya yang bersahaja.
Disebutkan pula, secara politik fenomena Din sudah sedemikian kuat dan diterima cukup luas oleh elemen perpolitikan nasional. Bahkan sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan sekaligus calon presiden partai tersebut, Prabowo Subianto, dalam kesempatan pertemuan dengan Din juga menempatkannya layak menjadi cawapres Partai Gerindra.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar