Kamis, 20 Maret 2014

7 Nama yang Didorong-dorong sebagai Cawapres Jokowi

Setelah PDI Perjuangan menetapkan Joko Widodo sebagai calon presiden pada 14 Maret lalu, sejumlah daerah memunculkan usulan nama bakal calon wakil presiden. Yang menarik, usulan itu muncul tidak hanya dari pengurus PDI Perjuangan, tapi datang dari berbagai partai. Semua usulan tersebut belum direspons Jokowi maupun petinggi PDI Perjuangan di Jakarta. "Kami masih fokus pemilihan legislatif," ujar Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani.

Berikut ini nama-nama calon wakil presiden yang diusulkan itu.

Agustin Teras Narang
Agustin Teras Narang, Gubernur Kalimantan Tengah, mengaku diminta publik Kalimantan untuk mendapingi Jokowi dalam pemilihan presiden mendatang. Presiden Majelis Adat Dayak Nasional ini mengatakan siap. Sejak bergabung dengan PDI Perjuangan pada 1999, Teras Narang pernah menjadi Ketua Komisi II dan Komisi III DPR RI. "Saya akan menjalankan perintah itu dengan sungguh-sungguh," kata fungsionaris PDI Perjuangan Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Minggu, 2 Maret 2014.

Tri Rismaharini
Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan tak menutup kemungkinan partainya akan memasang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma sebagai calon wakil presiden mendampingi Jokowi. Hal itu dilakukan jika dalam pemilihan legislatif partainya lolos parliamentary threshold.

Jimly Asshidiqie
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidiqie dinilai layak masuk bursa calon wakil presiden Joko Widodo. "Dia (Jimly) sebagai pilihan alternatif kami untuk diusulkan dari kalangan sipil nonpartai yang cocok mendampingi Jokowi. Sosoknya profesional, ahli di bidang hukum tata negara yang memang dibutuhkan negara ini, selain itu tarck record-nya jujur, bersih dan tegas," ujar Koordinator Pro-Jokowi, Budi Arie Setiadi, di Depok, Jawa Barat, Rabu 12 Maret 2014.

Jusuf Kalla
Wakil Sekretaris Internal PDI Perjuangan Maros, Sulawesi Selatan, Al Fitra Sandeli, mengatakan penggabungan sosok Jokowi dan Jusuf Kalla pernah dibicarakan di internal partai. Menurut dia, ini barus wacana yang belum jelas kepastiannya.

Khofifah Indar Parawansa
PPP mengaku sudah memilih tiga nama yang dinilai pantas untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Jokowi yang diusung PDI Perjuangan. Ketiga tokoh itu adalah Jusuf Kalla, Mahfud MD, dan Khofifah Indar Parawansa.

Mahfud MD
PKB juga menilai Jusuf Kalla dan Mahfud MD bisa dipertimbangkan untuk mendampingi Jokowi dalam Pemilihan Presiden mendatang.

Akbar Tanjung
Pengamat politik Salim Said mengatakan, sosok yang cocok mendapingi Jokowi adalah Akbar Tanjung. Alasan kenapa nama mantan Ketua Umum Partai Golkar ini layak dicalonkan, "PDI Perjuangan perlu mencari mitra partai besar, yaitu Golkar. Tokoh yang kuat dalam Golkar yaitu Akbar Tanjung dan Jusuf Kalla," kata Salim Said. Sedangkan Aburizal Bakie, Ketua Umum Golkar, tak mungkin jadi cawapres.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar