Rabu, 26 Maret 2014

Pengamat: Dibantai Kritik, Jokowi Jangan Diam

Kritik dan serangan dari lawan politik terus dilayangkan terhadap bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo alias Jokowi.
Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan, Jokowi tidak boleh diam menghadapi kritik terhadapnya. Ia harus melakukan klarifikasi.
"Jokowi tidak boleh terus menerus pasrah, diam dan nrimo terhadap terpaan isu yang menyerangnya. Dia harus menanggapi," kata Hendri.
Jika Jokowi diam, kata Hendri, lama kelamaan akan timbul stigma di masyarakat kalau isu negatif mengenai dirinya memang sesuatu yang benar. Apalagi, jika hal tersebut terus menerus diberitakan secara masif oleh media massa.
"Masyarakat bisa mudah terpengaruh dengan isu-isu seperti itu. Jadi dia harus lebih bisa menjelaskan setiap tuduhan miring yang menerpanya ke masyarakat maupun ke lawan politiknya," ujarnya.
Sejauh ini, menurut Hendri, isu yang paling memengaruhi elektabilitas Jokowi sebagai calon presiden adalah yang menyebut dirinya seorang capres boneka yang dapat dikendalikan Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri.
Ia menilai, isu ini lebih besar dampaknya daripada serangan terkait kepemimpinannya di Ibu Kota. Isu seputar Jakarta, kata Hendri, hanya akan memengaruhi elektabilitas Jokowi di Ibu Kota.
Akan tetapi, isu yang menyebut Jokowi yang terlalu tunduk kepada Megawati akan memengaruhi elektabilitas suara Jokowi secara nasional.
"Jadi kalau untuk isu-isu lain seputar masalah Jakarta, atau seputar Jokowi penghianat warga Jakarta, mungkin masih bisa ditangani. Tetapi untuk isu jokowi capres boneka ini saya rasa tidak bisa dianggap sepele, harus betul betul diperhatikan," katanya.

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar