Jumat, 21 Februari 2014

Surva-surve Roy Morgan: Jokowi Tetap Kandidat PresidenTerpopuler

Menurut data hasil polling Roy Morgan, Joko Widodo (Jokowi) tetap menjadi kandidat presiden yang paling populer dan paling banyak dipilih. Jokowi memperoleh 39 persen suara, jauh berada di atas Prabowo Subianto yang menempati posisi kedua dengan 16 persen, serta Aburizal Bakrie 12 persen suara.
Direktur Roy Morgan, Irawati Soekirman menyatakan Jawa Tengah tercatat menyumbang pemilih terbanyak bagi. Sekitar 22 persen masyarakat yang memilih Jokowi berasal dari Jawa Tengah.
"Jokowi masih memimpin perolehan suara. Suara terbanyak didapat dari daerah Jawa Tengah," ujar Ira di Jakarta, Jumat (21/2).
Jokowi, lanjutnya, juga mendapat suara pemilih yang berasal dari partai politik (parpol) selain PDI Perjuangan (PDIP). Selain mendapat dukungan 71 persen dari pemilih PDIP, Jokowi juga memperoleh 52 persen suara dari pemilih Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
"Ini bisa jadi ancaman buat partainya, atau bahkan bisa jadi opportunity, mengingat separuh pemilih PPP akan memilih Jokowi," tambahnya.
Sementara itu, Aburizal Bakrie hanya memperoleh dukungan 42 persen suara dari pemilih Partai Golkar. Artinya tidak sampai setengah pemilih Golkar yang juga nanti akan memilih Aburizal Bakrie.
Dari hasil polling untuk memilih parpol, PDIP menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak, yakni 27 persen, diikuti Partai Golkar 20 persen, Gerindra 14 persen, Demokrat 11 persen, PKB 7 persen, Hanura 6 persen, PAN 5 persen, serta partai lain berada di bawah 5 persen
Polling tersebut dilakukan pada Januari 2014 dengan melibatkan 3.131 calon pemilih berumur di atas 17 tahun yang tersebar di 34 provinsi.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar