Jumat, 21 Februari 2014

Harapan Dunia Usaha pada Presiden Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kembali diharapkan untuk menjadi Presiden Indonesia selanjutnya. Tidak hanya dari politikus, kali ini kalangan pengusaha juga berharap Jokowi bisa menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Ketua Komite Tetap Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan, Lingkungan Hidup, Perubahan Iklim, dan Pembangunan Berkelanjutan Kadin, Riza Suarga berharap, jika Jokowi menjadi presiden bisa memaksa perbankan mengucurkan kredit kepada pengusaha pemula.
"Semoga Jokowi jadi presiden dan meminta bank khususnya BUMN fokus pada pengusaha pemula.
Agar kita dapat kredit memajukan pengusaha," ucap Riza di kantor Kadin, Jakarta, Jumat (21/2/2014).
Menurut Riza, saat ini perbankan sangat takut mengucurkan kredit kepada pengusaha pemula. Perbankan lebih memilih aman dengan mengucurkan konsumer seperti kredit pemilikan motor, mobil dan lain sebagainya.
"Sekarang yang maju baru sektor perkebunan. Itupun sukses karena hasil dari orde baru. Bank sekarang tidak mau memberikan kredit ke usaha baru. OJK dan BI harusnya mengerti kultur, jangan enak enak saja di consumer banking," tegasnya.
Riza menyebut, perbankan Indonesia saat ini selalu menjadi zona nyaman tanpa mau mengambil risiko memberikan kredit ke pengusaha pemula. Menurut Riza, perbankan seharusnya mempunyai hitungan sendiri mengenai risiko kredit macet ke pengusaha pemula.
"Mereka alasannya takut kredit macet ke pengusaha pemula. Tapi kan ini bisa dihitung. Perbankan tidak ada yang berani," tutupnya.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar