Minggu, 25 Mei 2014

Forum Alumni IPB Beri Dukungan ke Joko Widodo

Forum Alumni Institut Pertanian Bogor (FA-IPB) memberikan dukungan terbuka kepada calon presiden Joko Widodo. Mereka berpendapat, konsep revolusi mental Jokowi dibutuhkan dalam pengembangan pertanian. 
Hal itu disampaikan Juru bicara FA IPB Franky Sibarani dalam diskusi Revolusi Mental Sektor Pertanian di Jokowi Center, Jalan Cemara Jakarta, Minggu 25 Mei 2014.
"Visi Misi dan rencana aksi beliau merupakan konsistensi sikap pro rakyat," kata Franky.FA IPB juga mengapresiasi pasangan Jokowi-JK yang menempatkan pertanian sebagai arus utama kebijakan pembangunan, mulai pembenahan infrastruktur pendukung, pendidikan pertanian, hingga solusi akses modal.
Visi misi yang diserahkan KPU, pasangan ini menyebutkan rencana aksi, antara lain, perencanaan 1.000 desa berdaulat benih hingga tahun 2019. Lalu peningkatan kemampuan petani, organisasi tani dan pola hubungan pemerintah, terutama pelibatan aktif perempuan petani atau pekerja sebagai tulang punggung kedaulatan pangan.
Selain itu, peningkatan pembangunan dan aktivitas ekonomi pedesaan yang ditandai dengan peningkatan investasi dalam negeri sebesar 15 persen pertahun. Serta, pasangan Jokowi-Jk juga berkomitmen membangun Agri-Bisnis Kerakyatan melalui pembangunan bank khusus untuk pertanian, UMKM, dan koperasi.
Hal lain yang menjadi catatan FA-IPB adalah, pasangan Jokowi-JK juga menunjukkan sinyal memilah wewenang kementerian teknis, seperti kementerian pertanian yang mengurusi produk bukan tata niaga yang memberantas mafia impor pangan.
Franky menyebutkan, 5 tahun terakhir, masyarakat disuguhi diskursus seputar kelangkaan komoditas pangan yang berakibat pada mahalnya harga komoditas tersebut dan kesulitan masyarakat untuk mengaksesnya.
"Kementerian sebagai pemimpin sektor pertanian cenderung mengurusi tata niaga, sehingga cukup sibuk untuk mengurusi kuota impor dibandingkan dengan peningkatan produksi. Hal itu sering terlupakan dari persoalan kebijakan impor komoditas pangan," tuturnya.   [vivanews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar