Senin, 17 Maret 2014

Wanda Hamidah Pilih Jokowi

Meski berharap Joko Widodo (Jokowi) menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Wanda Hamidah mendukung pencapresan politisi PDIP itu. Jika dibandingkan dengan Aburizal Bakrie atau Prabowo Subianto, dia lebih memilih Jokowi.
"Kita lihat dulu siapa (pesaing) capres lainnya. Kalau Prabowo, enggak deh. Apalagi Ical, enggak banget, deh. Kalau disandingkan dengan mereka, ya saya pilih Jokowi dong," kata Wanda.
Bagaimana jika Jokowi bersaing dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa?
Wanda yang merupakan anggota Fraksi PAN di DPRD DKI Jakarta menyatakan, dia berpikir rasional dan realistis. Untuk dapat mengajukan Hatta sebagai calon presiden RI, paling tidak suara legislatif PAN mencapai 20 persen. Apabila angka tersebut tidak tercapai, kemungkinan besar, Hatta akan maju sebagai calon wakil presiden.
Wanda pun tak menutup kemungkinan adanya koalisi antara PAN dengan partai pemenang kursi legislatif. Anggota Komisi A (bidang pemerintahan) ini mengungkapkan, PAN memang tidak memplot Hatta menjadi calon presiden, melainkan calon wakil presiden. Sehingga, pencapresan Jokowi bukanlah sebuah ancaman di dalam internal PAN.
Selama menjabat sebagai gubernur DKI selama kurang lebih 1,5 tahun, Jokowi telah melakukan banyak kebijakan signifikan. Bersama dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dia membangun "Jakarta Baru".
Meski dua permasalahan utama Jakarta, seperti macet dan banjir, belum terselesaikan, namun banyak kebijakan yang telah terealisasi. Misalnya, transparansi birokrasi, jaminan kesehatan melalui Kartu Jakarta Sehat (KJS), jaminan pendidikan melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP), penertiban pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang, dan komunikasi dengan para demonstran yang melakukan aksi ke Balaikota Jakarta.
"Sekarang itu, kinerja kepala dinas selalu merasa terawasi. Kalau dulu zaman Pak Foke (Fauzi Bowo) kan terlalu dimanja dan dilindungi PNS-PNS-nya. Zaman Pak Jokowi, jam 8 pagi sudah blusukan dan sidak, enggak basa-basi juga blusukannya," kata Wanda.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar