Senin, 17 Maret 2014

Warga Surabaya Keewa Jokowi Tak Ikut Kampanye

Sejumlah warga yang tinggal di sekitar rumah kelahiran Bung Karno, kawasan Jalan Pandean Surabaya, Jawa Timur, mengaku kecewa karena bakal calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi tak hadir mendampingi Megawati Soekarnoputri, Senin (17/3/2014).
"Kami senang Bu Mega hadir, tapi lebih senang lagi kalau Jokowi datang. Kami penasaran sama dia," ujar Wariyah, warga setempat ketika ditemui.
Beberapa warga lainnya juga kompak mengaku kecewa ketidakhadiran Gubernur DKI Jakarta tersebut. Mereka berharap suatu saat Jokowi bisa mengunjungi kembali kampung tempat kelahiran mantan Presiden Soekarno itu.
Apalagi sejumlah poster dan banner bergambar Jokowi tidak sedikit yang sudah dipasang. Bahkan, puluhan simpatisan partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut tidak sedikit yang menggunakan kaos bergambar dan bertuliskan "Jokowi for President".
Pengurus Harian DPP PDI Perjuangan, Guruh Soekarnoputra mengaku tidak mengetahui alasan absennya Jokowi dalam kampanye hari pertama partainya di Jawa Timur.
"Saya tidak tahu mengapa Jokowi tidak hadir. Sepengetahuan saya juga tidak ada konfirmasi," kata adik kandung Megawati Soekarnoputri tersebut.
Sedangkan, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan, Jokowi tidak bisa hadir karena tidak mengambil izin cutinya sebagai orang nomor satu di Ibu Kota.
"Kebetulan Pak Jokowi sedang tidak mengambil cuti, jadi tidak bisa hadir dalam kampanye pertama di Jawa Timur, khususnya di Surabaya," kata dia.
Sementara itu, pengamat politik asal Universitas Airlangga Surabaya, Heriyadi, menilai ketidakhadiran Jokowi di Surabaya tidak akan membuat warga beralih dukungan.
"Pengaruhnya tidak banyak untuk membuat warga berpindah dukungan. Saya menilai dukungan warga ke Jokowi tetap. Saya yakin Jokowi akan hadir dan mengunjungi Surabaya," kata dia.
Kedatangan Megawati Soekarnoputri ke rumah kelahiran Bung Karno merupakan napak tilas lanjutan dari PDI Perjuangan, setelah sehari sebelumnya di Tugu Proklamasi Jakarta.
Selain didampingi Guruh Soekarnoputra dan Tjahjo Kumolo, Presiden RI ke-5 itu hadir bersama Puan Maharani serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Tidak itu saja, sejumlah pengurus harian DPP PDIP dan DPD PDIP Jatim juga turut mendampingi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar