Jumat, 04 April 2014

Jokowi Berpeluang Didampingi Cawapres dari TNI

Budayawan Radhar Panca Dahana memprediksi ada peluang calon wakil presiden PDIP dari kalangan TNI.
Menurutnya, meski tidak pernah akrab dengan kalangan TNI, ada peluang dari Megawati Seokarnoputri, membuka pintu untuk purnawirawan Jenderal.
Kalangan purnawirawan TNI dianggap bisa merengguk suara untuk memperkokoh kekuatan PDIP. Salah satunya isu yang menyebut Panglima TNI Jenderal Moeldoko berpeluang mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden.
"Mega punya historis dengan kalangan militer dari orde baru. Ada rasa dendam. Di PDIP cuma ada purnawirawan Mayjen Theo Syafei yang sudah meninggal. Tapi, saya lihat, Mega bisa membuka pintu buat TNI di Pilpres nanti. Ada peluang gandeng militer yaitu dia (Moeldoko -red) bisa," ujar Radhar, Jumat (4/4/2014) di sela-sela diskusi 'Kontestasi Empat Partai: Membaca Media dan Hasil Survei Menjelang Pileg 2014' di Wisma Kodel.
Dia menilai perubahan pragmatisme Mega sudah terlihat ketika memberikan mandat terhadap Jokowi sebagai capres PDIP. Kesadaran Mega yang memberikan Jokowi mandat harus dilihat secara obyektif.
Meski diakui saat itu Mega juga mendapat tekanan internal terkait waktu pengumuman capres dan siapa calonnya, dia bisa menunjukan sikap pragmatisnya.
Persoalan idealis mengumumkan capres PDIP yang seharusnya pasca Pileg diubahnya menjadi lebih cepat. Hal ini pun dianggap sebagai langkah tepat dan memberikan keuntungan bagi partai moncong putih itu.

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar