Jumat, 27 Februari 2015

Setelah Hancurkan KPK, Jokowi Jadikan Harga Beras di Indonesia termahal se ASEAN

Harga beras medium di pasaran belum juga turun. Masih Rp 11.000 hingga Rp 13.000 per kilogram (kg) meski penyaluran beras untuk masyarakat miskin (raskin) dan operasi pasar (OP) gencar dilakukan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog). Kondisi itu bisa memunculkan dugaan penyelundupan beras negara tetangga. Sebab, harga beras Indonesia itu termahal di antara negara produsen beras lain di ASEAN.
”Kami khawatir ada oknum-oknum yang diam-diam mengambil keuntungan dengan kenaikan harga beras ini. Misalnya dengan memasukkan beras dari negara tetangga yang harganya lebih murah secara ilegal. Karena memang harga beras medium kita beberapa tahun ini tertinggi di ASEAN,” kata Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Thohir Jumat (27/2).
Dengan kondisi seperti itu, dia meminta pemerintah secara ketat mengawasi daerah-daerah perbatasan yang rawan penyelundupan. Sebab, kondisi geografis Indonesia yang sangat luas bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mengeruk keuntungan. ”Bayangkan saja kalau satu kilo (kilogram) untung Rp 5.000, berapa duit yang bisa didapat kalau bisa memasukkan 100 ton?” sebutnya.
Winarno mencontohkan, harga beras kelas medium Vietnam hanya sekitar Rp 5.500 per kg. Harga itu sudah termasuk ongkos kirim ke Indonesia. Sementara harga beras medium grosir di Indonesia saat ini Rp 10.500–Rp 11.000 per kg. Dia menyebutkan, potensi penyelundupan beras dari Vietnam paling besar. Sebab, keuntungan yang didapat bisa dua kali lipat. ”Pasti sekarang banyak pengusaha hitam yang ngiler,” ucap dia.
Banyak pelabuhan tikus di wilayah Sumatera dan Kalimantan yang bisa dimanfaatkan oleh para importer ilegal itu. Bisa jadi, tambah dia, kenaikan harga beras saat ini juga sengaja diciptakan oleh mereka. Karena itu, Winarno meminta pemerintah secepatnya menurunkan harga beras. ”Jangan sampai nanti Maret pasokan berlebih dari dalam negeri plus dari impor ilegal,” ujarnya.
Winarno menuturkan, kenaikan harga beras saat ini tidak dinikmati banyak petani. Sebab, sudah banyak stok mereka yang dijual pada November–Desember 2014. Itu terjadi karena akhir tahun lalu pemerintah di bawah kepemimpinan Jokowi tidak menyalurkan raskin sama sekali. ”Beda dengan zaman Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono). November–Desember 2013 masih menyalurkan raskin sehingga Januari–Februari 2014, saat harga naik, stok petani masih ada,” sebut dia.
Hal itu menyebabkan pasokan beras petani pada Januari–Februari 2015 sangat kecil. Sementara pemerintah yang awalnya berniat tidak menyalurkan raskin pada 2015 akhirnya memutuskan untuk menyalurkan raskin 300 ribu ton. ”Kebutuhan beras buat makan kita itu sekitar 2,5 juta ton per bulan. Kalau Januari petani suplai 1 juta ton, Februari 2 juta ton memang kurang,” ungkapnya.
Dia berharap, dengan gencarnya operasi pasar dan penyaluran raskin, harga beras bisa segera turun. Namun, dia mengingatkan Bulog agar tetap mengantisipasi penurunan harga secara drastis. Sebab, Maret sudah memasuki panen raya. ”Jangan digerojok terus tanpa perhitungan. Harapan kita, harga beras bisa turun di Rp 8.000 per kilo. Itu sudah baik buat petani, juga buat konsumen,” terang dia.
Jika dibandingkan dengan harga pembelian pemerintah (HPP) yang saat ini Rp 7.260 per kg, angka tersebut masih cukup menguntungkan. Hanya, dia berharap penurunan harga itu tidak kebablasan sehingga berada di bawah HPP. Jika itu terjadi, petani bisa rugi besar. ”Bercocok tanam padi itu keuntungannya kecil. Kalau sampai di bawah Rp 7.260 per kilo, bisa rugi kami,” ucap dia.
Dia juga mencontohkan pengeluaran petani. Antara lain, biaya tenaga kerja hampir 30 persen, pupuk 20 persen, benih 10 persen, pestisida 10 persen, dan sisanya biaya sewa lahan. ”Sewa lahan itu hitungannya 3–4 ton gabah per hektare per tahun. Jadi, kalau harga gabah sekarang naik seiring harga beras, maka biaya sewa lahannya juga naik,” terangnya.
Karena itu, jika harga beras terlalu turun di bawah HPP, keuntungan petani menjadi kecil. Akibatnya, petani kembali tidak bersemangat untuk menanam padi. ”Tahun ini ada anggaran APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara) untuk subsidi petani sekitar Rp 17 triliun. Untuk bantuan pupuk, benih, dan lain-lain sehingga target produksi naik menjadi 73,4 juta ton dari tahun lalu yang 69,9 juta ton,” tuturnya
Direktur Jenderal Standardisasi Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Widodo mengakui bahwa potensi penyelundupan beras melalui pelabuhan tikus cukup tinggi. Sebab, Indonesia memiliki laut yang sangat luas sehingga memungkinkan kapal bersandar di mana saja. ”Banyak sungai di Sumatera yang bisa dimasuki kapal cukup besar. Mereka bisa saja bawa beras,” katanya.
Pihaknya mencatat, setidaknya ada lebih dari seratus pelabuhan tikus di Sumatera, belum lagi di Kalimantan dan Sulawesi. Kondisi itu membuat pengawasan barang yang beredar sulit dilakukan. ”Jumlah pelabuhan tikus terlalu banyak. Di Sumatera bagian timur, ada 100-an, Batam ada puluhan, belum lagi Kalimantan,” sebutnya.
Menurut Widodo, mekanisme pengawasan barang itu beberapa macam. Antara lain di pasaran dan pelabuhan. Untuk pengawasan di pelabuhan, yang berwenang adalah bea cukai. Sementara Kemendag bertugas mengawasi peredaran barang di pasaran. ”Akan lebih sulit ketika barang sudah ada di pasaran. Karena bisa saja beras-beras itu dicampur, dioplos, sehingga tidak kelihatan asalnya dari mana,” jelasnya.  [jawapos]

10 komentar:

  1. Balasan
    1. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI SAMA SAYA.
      Terima kasih sebesar-besarnya yang kami ucapkan kepada mbah warjoh yang telah memberikan keberhasilan dan keberuntungan bagi keluarga saya.berkat bantuan beliau saya sekarang sudah hidup tenang karena suamiku sudah punya usaha tambak yang luasnya sekitar 5 hektar kurang lebih. begitupun juga saya dirumah buka warung sembakau dan sekarang pun saya sekeluarga tidak di kejar-kejar hutang lagi. mulanya keluarga Kami di berikan angka gaib hasil ritual dari mbah warjoh yang sangat Jitu 100% dijamin tembus.sehingga keluarga saya sekarang merasa tenang lagi.sekali lagi terima kasih mbah jasamu dikeluarga saya tidak akan terlupakan.Jika anda butuh angka gaib hasil ritual mbah warjoh silahkan Tanyakan aja Pada mbah dinomer hp beliau di: 0851 4534 4218 Terima kasih.

      Hapus
  2. Saya memilih golput.... Meski itu bukan solusi...Hmmmm...

    BalasHapus
  3. http://www.bursapolitik.com/2017/05/aku-belum-puas-kalo-ahok-hanya-di.html
    http://fukureta.blogspot.com/2017/05/mengapa-kita-sering-telat-alasannya.html
    http://operaqqgambling.blogspot.com/2017/05/waktu-yang-baik-untuk-bermain-poker.html
    http://doctoroperaqq.blogspot.com/2017/05/anda-ingin-tidur-nyenyak-berikut.html
    http://babehoror.blogspot.com/2017/05/arwah-temanku-yang-datang-kepadaku.html

    Mari Bergabung Dengan Kami "www.OPERAQQ.com"
    Partner Sejati Untuk Permainan Kartu Anda ^^
    Penasaran mau daftar ??? PIN BB : D60ED5D7

    BalasHapus
  4. Shop for the best tracker, best fitness band in India. Get the best band in 2000. Get the best fitness band in India. Shop for the best fitness tracker in India just in 2000. Get the best fitness tracker
    in India in your price. best fitness band under 2000

    BalasHapus
  5. Find and apply to latest modeling jobs, dancing jobs, singing jobs, acting jobs under one roof and create a free portfolio for modeling, singing, dancing and for other talents. dance jobs

    BalasHapus
  6. Grab the best best microwave oven with solo, convection, grill under 5000, 10000, 15000. best microwave oven under 10000

    BalasHapus
  7. Checkout the Best motivational, inspirational, success, attitude, good morning, life, love funny, sad, friendship quotes & status. motivational quotes in hindi

    BalasHapus
  8. Get the best convection microwave oven in India with buyers guide and customers review. best microwave convection oven in india

    BalasHapus
  9. The direct drive works the same way, but less so than hub engines. They use instant electric skates but are mounted direct drive electric skateboards on the engine and on the truck instead of on the wheel.

    BalasHapus