Selasa, 18 Maret 2014

Surva-surve Indikator: 69% Warga DKI Dukung Jokowi Nyapres

Joko Widodo (Jokowi) resmi diusung PDI Perjuangan sebagai calon presiden 2014. Pencapresan Jokowi menuai kontroversi seputar etis tidaknya dia maju dalam pemilihan presiden, sebab Jokowi baru menjabat kursi Gubernur DKI Jakarta selama 1,5 tahun.
Survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis Selasa (18/3/2014), menunjukkan ada 69 persen warga DKI Jakarta yang mendukung pencalonan Jokowi sebagai presiden. Sementara di tingkat nasional, ada 76 persen warga yang mendukung pencapresan Jokowi.
“Dukungan kepada Jokowi untuk mencapreskan diri muncul karena sebagian besar warga menilai persoalan yang dihadapi Jakarta bersinggungan dengan pemerintah pusat,”  ujar Direktur Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, di Jakarta.
Survei Indikator juga menunjukkan, sebanyak 64 persen rakyat –secara nasional–  setuju jika Jokowi menjadi calon wakil presiden. “Untuk warga DKI Jakarta, hanya 59 persen warga yang mendukung Jokowi menjadi cawapres,” kata Burhanuddin.
Berdasarkan survei Indikator, diketahui pula kinerja Jokowi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan di DKI Jakarta diapresiasi bukan hanya oleh warga Jakarta, tapi juga oleh seluruh rakyat Indonesia. Sebanyak 93 persen warga DKI Jakarta berpendapat kinerja Jokowi sangat baik di ibu kota.
“Beberapa program atau kebijakan pemerintah DKI Jakarta seperti Kartu Jakarta Sehat, program mobil murah, dan Kartu Jakarta Pintar, dinilai positif tidak hanya oleh warga Jakarta, tapi juga masyarakat Indonesia secara umum,” kata Burhanuddin.
Survei Indikator ini dilakukan terhadap 2.050 responden di seluruh Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Metode yang digunakan adalah wawancara tatap muka dalam kurun waktu 18 Januari-2 Februari 2014. Margin of error dalam survei ini sekitar 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber :
viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar