Minggu, 01 Juni 2014

Rekening Donasi Jokowi-JK Melonjak Jadi Rp 1 M

Juru bicara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Eva Kusuma Sundari, mengatakan, antusiasme para relawan pendukung Joko Widodo -Jusuf Kalla untuk menyumbang melalui transfer ke rekening  donasi kampanye sangat luar biasa. "Ternyata rekening ini berdampak untuk membangkitkan keterlibatan masyarakat yang ingin mendukung Jokowi-JK," kata Eva saat ditemui di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (1/6/2014).
Menurut Eva, rekening yang dibuka beberapa hari lalu ini sudah tersosialisasi dengan baik. Pada awal dibuka, kata Eva, dana yang masuk memang baru Rp 152 juta. Namun, Eva menambahkan, tadi malam dia mendapat laporan bahwa saat ini sudah ada sekitar Rp 1 miliar yang terkumpul di rekening tersebut.
Eva mengatakan bahwa lonjakan donasi yang sangat tajam itu membuat tim pemenangan Jokowi-JK semakin percaya diri karena hal itu menandakan dukungan untuk Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden semakin besar. Selain itu, Eva juga menerima laporan langsung dari rakyat yang ingin mengirim donasi ke rekening itu. "Ada tukang sate, ada tukang becak, dan bahkan ada pegawai negeri sipil turut menyumbang," ujar Eva.
Disinggung mengenai sumbangan yang mungkin masuk dari perusahan-perusahaan pendukung Jokowi-JK, Eva mengaku tidak mengetahui tentang hal tersebut. "Kalau perusahaan itu jalurnya dari partai politik. Saya hanya berfokus mengurusi masyarakat dan relawan," kata Eva.
Sebelumnya, Eva mengatakan bahwa  ide dasar dari membuka rekening tersebut adalah untuk melibatkan masyarakat secara langsung dalam kampanye Jokowi-JK. Ia juga mengemukakan alasan pemilihan Bank Rakyat Indonesia sebagai bank yang digunakan agar dapat menjangkau masyarakat yang berada di daerah. Selain itu, rekening ini mengandung pesan moral, "Kamu itu disumbang oleh masyarakat, jadi kalau terpilih jangan macam-macam."  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar