Selasa, 22 April 2014

PKB Apresiasi Wacana Jokowi Soal Kabinet Kerja

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengapresiasi positif upaya Joko Widodo (Jokowi) untuk membentuk ‘Kabinet Kerja’. Dengan demikian koalisi atau kerjasama antar partai politik (parpol) di kabinet lebih berbasis program ketimbang power sharing (bagi-bagi kekuasaan).
“Wacana Kabinet Kerja yang diusung Jokowi bagus guna menghindari politik transaksional. Idealnya koalisi itu mesti berbasis program,” kata Ketua DPP PKB Marwan Jafar di Jakarta, Selasa (22/4/2014).
Dia menambahkan, koalisi parpol di kabinet juga harus mengutamakan visi dan orientasi. Misalnya, lanjut dia, seperti menyusun Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) untuk Indonesia lebih baik.
“Kesan power sharing itu kan negatif. Kita harus pahami betul bahwa apa yang disampaikan Jokowi tentu semata demi menghindari terjadinya politik transaksional,” tegasnya.
Seharusnya, masih kata Marwan, koalisi dengan mengandalkan program kerja pemerintahan ke depan dapat menjadi perhatian bersama.
“Harus disusun roadmap program pembangunan yang akan diimpelemtasikan dalam pemerintahan. Ini yang perlu dijadikan concern (perhatian) setiap partai yang ingin berkoalisi,” imbuhnya.[beritasatu]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar