Senin, 28 April 2014

Kedudukan Sementara Jokowi vs Prabowo Masih 1-0

Bisa dibilang saat ini baru capres PDIP Jokowi yang punya 'boarding pass' ke Pilpres 2014. Sementara capres lain seperti Prabowo Subianto dan Aburizal Bakrie belum aman.
Posisi Jokowi unggul satu partai untuk urusan koalisi. Lantaran Partai NasDem sudah memastikan mendukung pencapresan Jokowi. Koalisi PDIP-NasDem sudah lebih dari cukup untuk mengusung Jokowi ke Pilpres 2014 mendatang. Meski demikian Jokowi dan tim PDIP masih terus menjajaki peluang koalisi dengan partai lain.
Sementara sampai saat ini Prabowo belum menemukan partai yang sudah pasti berkoalisi. Sebenarnya kedudukan Prabowo dan Jokowi pernah sama-sama 1-1 untuk urusan partai koalisi saat Ketum PPP Suryadharma Ali menyatakan dukungan. Sayang keputusan Suryadharma itu kemudian dianulir oleh Mukernas partai berlambang Kabah tersebut.
Namun Prabowo terus melakukan penjajakan meskipun belum membuahkan 'goal'. Prabowo melobi Ketum Partai Hanura Wiranto, dan mengirim surat lamaran koalisi ke PKS. Surat lamaran koalisi ke PKS berbuah manis. PKS membentuk tim penjajakan koalisi secara lebih serius dengan Gerindra, namun masih membuka peluang koalisi dengan partai lain.
Tak hanya itu, komunikasi dengan Hanura juga cukup positif. Ketum Hanura yang diajak Prabowo membahas kabinet mendatang juga menyambut baik tawaran koalisi. Meskipun Wiranto juga belum mengambil kesepakatan bersama dengan Prabowo.
Pendekatan ke sejumlah parpol juga terus dilakukan Jokowi dan tim dari PDIP. Jokowi tengah melakukan finalisasi penjajakan koalisi dengan PKB. Di tengah seleksi cawapres, Jokowi juga kedatangan partai calon koalisi yakni PPP.
Wakil Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa dan anggota Dewan Pembina Hamzah Haz mengunjungi Ketum PDIP di Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat, Senin (28/4) sore tadi. Sejumlah kesepakatan diambil dalam pertemuan itu. Waketum PPP Suharso menuturkan terbuka peluang koalisi PPP-PDIP mengusung Jokowi. Ketua Bapilu PDIP Puan Maharani juga membuka peluang kerjasama kedua partai ini.
Peta koalisi jelang Pilpres 2014 pun semakin dinamis. Sejumlah parpol seperti PD belum mengambil keputusan. Ketum PD SBY malah membuka semua opsi apakah jadi koalisi, oposisi, atau membuat poros sendiri. Poros koalisi SBY diprediksi cukup diperhitungkan di Pilpres mendatang. Perkembangan manuver parpol jelang Pilpres 2014 pun kian seru! [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar