Senin, 28 April 2014

Jokowi Harus Belajar dari Pengalaman Gus Dur dan SBY

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Vishnu Juwono mengemukakan, bila Joko Widodo (Jokowi) terpilih menjadi presiden, maka dibutuhkan kekokohan yang kuat di DPR RI agar tak bernasib seperti mantan Presiden Gus Dur yang lengser di tengah jalan. Jokowi yang tengah membentuk koalisi terbatas, dapat digoyang oleh DPR karena tak memiliki suara mayoritas.
"Saya membayangkan kondisi seperti Presiden Gus Dur 1999-2001. Beliau kerepotan menghadapi manuver lawan politiknya di DPR, hingga akhirnya harus lengser dari kursi kepresidenan," kata Vishnu pada diskusi bertema 'Mencari Presiden Dambaan Rakyat' di Jakarta, Senin (28/4).
Ia berharap Jokowi juga bisa belajar dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat periode pertamanya memimpin Indonesia. SBY kala itu digoyang karena mengajukan calon Panglima TNI yang ditentang DPR.
"Usaha Jokowi untuk membentuk koalisi terbatas namun efektif di DPR menjadi tantangan yang besar," tegasnya.
Dia menegaskan, Jokowi tampaknya ingin mengulang kesuksesannya menaklukan parlemen walau hanya mendapat dukungan minoritas, seperti saat menjadi Walikota Solo pada 2005. Dukungan minoritas terjadi, karena PDIP dan Jokowi hanya mau koalisi dengan partai yang memiliki kesamaan ideologi serta visi-misi. [beritasatu]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar