Senin, 28 April 2014

Nama Jokowi Muncul di Soal UN SMP

Nama bakal calon presiden (capres) PDIP Joko Widodo (Jokowi) kembali muncul di soal Ujian Nasional (UN). Kali ini, nama Jokowi muncul dalam soal UN untuk SMP dan sederajat.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tjok Isteri Agung Kusuma Wardhani di Denpasar, Senin (28/4/2014).
Menurut dia, ada nama Jokowi dalam soal ujian bahasa Indonesia. Namun soal tersebut akan diganti.
Artinya, tidak ada alasan untuk menunda jadwal UN SMP yang ditetapkan semula. "Memang ada perbaikan soal ujian bahasa Indonesia. Tetapi hal itu tidak sampai mengganggu jadwal ujian yang sudah ditetapkan 5 Mei. Semuanya akan berjalan seperti biasa," ujarnya.
Saat ini soal ujian yang mencantumkan nama Jokowi tersebut sudah dalam proses pergantian. Dinas Pendidikan Provinsi Bali menjamin jika nama Jokowi tidak akan muncul lagi dalam soal ujian.
Dinas Pendidikan akan memperbaiki dan mencetak ulang soal agar nama Jokowi tidak muncul lagi. "Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dengan banyak tafsiran di dalamnya. Daripada menjadi polemik, lebih baik soal itu akan diganti," ujarnya.
Soal tersebut sudah berada di Bali pada 17 April lalu. Soal tersebut akan didistribusikan pada 1 Mei nanti ke seluruh sekola di Bali yang menyelenggarakan UN.
Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Made Alit mengatakan, pencantuman nama atau tokoh dalam soal ujian memang sangat tidak diharapkan. Apalagi dalam soal UN kali ini, tokoh yang tertulis adalah Jokowi.
"Bacaan orang sudah jelas, jika ini bernuansa politis karena ingin memperkenalkan Jokowi kepada lembaga pendidikan di seluruh nusantara," ujarnya.
Apalagi, UN berlangsung menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014). "Saya berharap ini adalah kasus terakhir kalinya. Jangan sampai ada soal yang memuat tokoh-tokoh yang kontroversial," ujarnya.
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Jokowi keberatan dengan pencantuman namanya di dalam soal UN tingkat SMA, SMA dan MA.
Di dalam soal mata pelajaran bahasa Indonesia di Jawa Tengah terdapat teks kutipan biografi Jokowi dalam naskah soal UN SMA. Teks itu menjadi bahan untuk dua pertanyaan.
Kutipan teks biografi tersebut, yaitu: "Ir H Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibu kota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat."
"Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang Upah Minimun Provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut dewan pengupahan menetapkan UMP sebesar Rp2,2 juta."
Lalu, nama Jokowi kembali muncul di dalam soal UN tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA). Kali ini, nama Jokowi muncul di soal UN bahasa Inggris.

Berikut kutipan naskah soal UN Bahasa Inggris yang mencantumkan nama Jokowi:

"A car is still an expensive vehicle for most Indonesians. But the goverments program of cheap car certainly will worsen the traffic congestion in the capital city of Jakarta."

"On the other hand, it can help Indonesian people who want to have a new car with a cheap price. This policy is also increase the growth in economiy and peoples reduce traffic congestion. The public complaint is certainly expressed by the governor of DKI Jakarta, Joko Widodo and NBSP."

"Jokowi also plans to restrict the used private vehicle. He ensures this plan will not be successful when cheap cars are coming on the streets of the capital."

"Board member of Indonesian Consumers Foundation (YLKI), Tulus Abadi, also protested the policies of cheap cars that are listed in G.R 41/2013 of Regulatory Budget Environment Friendly car (LOGC)
."


16. What is the writers position in the controversy of cheap car policy?

A. The writer is strongly against it.
B. The writer follows Jokowis policy.
C. The writer does not take side.
D. The writer supports it.
E. The writer opposes it.


17. "..... Jokowi also plans to restrict the used private vehicles...." (paragraph 4)
The underline word above has similar meaning with...

A. Add
B. Limit
C. Allow
D. Forbid
E. Prevent

 
[Hnr/metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar