Selasa, 29 April 2014

Jokowi Tinjau Sapi dan RPH Oeba Kupang

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) hari ini berkunjung ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi ingin melihat kondisi Rumah Potong Hewan (RPH) dan sapi yang ada di Kupang sebagai bentuk kerjasama antar kedua daerah.
Kebutuhan daging sapi di Jakarta bisa mencapai 150 ton perhari, atau setara dengan 1.000 ekor. Sehingga dibutuhkan pasokan dari luar untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
"Ini proses sudah lama, waktu dulu masalah daging di Jakarta, yg melonjak drastis sampai Rp 130 ribu perkilo. Nah, 60 persen konsumsi daging nasional ada di Jakarta, sehingga terjadi guncangan seperti itu, teriak semuanya. Nah, kita melihat NTT ini sebagai daerah peternak sapi yang besar," kata Jokowi di lokai RPH Oeba, Kupang, NTT, Selasa (29/4/2014).
Pemprov DKI dan Pemprov NTT akan melakukan kerjasama untuk pemenuhan konsumsi daging sapi di Jakarta, yang tertuang dalam bentuk kesepakatan bersama (MOU). Nantinya, kerjasama akan dilakukan antar BUMD kedua daerah.
"Saya ketemu dengan Pak Gubernur NTT, bilang bahwa di NTT gudang sapi, ada ranch yang bisa dikembangkan. Dan baru setelah 6 bulan, bicara dan hari ini kita realisasikan kesepakatan. Artinya kita mau gabungkan BUMD kita dengan yang di sini kerjasama entah pengembangan ternak maupun pembelian daging. Makanya kita mau lihat ranchnya dan RPHnya seperti apa," jelas Jokowi.
"Jadi kita ini sister citu bukan antar negara, tapi antar daerah. Ini yang mau kita sambungkan," tambahya.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar