Sabtu, 24 Mei 2014

Jokowi Paparkan Visi di Tanwir Muhammadiyah

Calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo, memaparkan dua visinya jika terpilih menjadi pemimpin Indonesia nanti. Yakni, visi di bidang pendidikan dan pangan. 
"Pembangunan manusia  akan lebih berhasil jika sektor pendidikan dan pangan terpenuhi," kata Jokowi dalam pidato politiknya di depan sidang Tanwir Muhammadiyah di Hotel Mesra, Kalimantan Timur, Sabtu, 24 Mei 2014.
Jokowi mengatakan, hal pertama yang akan ia lakukan adalah mengevaluasi kurikulum Indonesia.
Menurut dia, di semua tingkatan pendidikan harus disisipkan materi mengenai pendidikan pembangunan karakter, budi pekerti, dan sikap dengan proporsi yang berbeda-beda.  
Di tingkat sekolah dasar, ia menjelaskan,  porsi pembangunan karakter sebesar 80 persen, SMP 50 persen, dan SMA 20 persen. Selebihnya diisi  dengan pengetahuan umum. Dengan metode ini,  Jokowi yakin  kualitas sumber daya manusia akan meningkat. 
Fokus kedua, Jokowi mengatakan,  ialah sektor pangan dan energi. Visi ini, kata dia, berkaitan dengan pendikan sebelumnya. "Indonesia memiliki potensi di dua sektor ini. Maka pembangunan idealnya juga diarahkan ke pangan dan energi."
Menurut Jokowi, potensi tersebut dapat dilihat dari basis Indonesia yang didominasi oleh faktor agraris dan maritim. Jika sektor pangan dan energi dikembangkan ke dua hal tersebut, dia yakin impor pangan  akan berkurang. "Infrastruktur juga akan berkembang dengan baik," katanya.
Saat datang di Tanwir, Jokowi  mendapat tepuk tangan yang meriah dari peserta.  Hampir seluruh  kamera di ruang ballroom hotel mengarah ke mantan Wali Kota Solo itu. Jokowi pun sempat beberapa kali berhenti lantaran diminta berfoto bersama oleh peserta.
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Muhammad Din Syamsuddin menuturkan  kedatangan Jokowi ini merupakan undangan dari Muhammadiyah. "Dia diundang sebagai capres. Kami ingin mendengar visi-misi dia untuk Indonesia ke depan," kata Din. 
Muhammadiyah menggelar sidang Tanwir di Hotel Samarinda, Samarinda, Kalimantan Selatan. Tanwir yang digelar pada 23-25 Mei ini akan membicarakan konsolidasi program Muhammadiyah.  [tempo]

1 komentar:

  1. Aduuh aku kpn ya foto2 ama p jkw, cm mimpi keknya, hadeuuuh jd panas panas panas,,,,

    BalasHapus