Selasa, 20 Mei 2014

Petisi Lingkar 98 untuk Jokowi

Para aktivis yang tergabung dalam Lingkar 98 ancang-ancang untuk memagari Jokowi dari kepentingan segelintir elite politik. Bila Jokowi terpilih menjadi presiden, Lingkar 98 meminta jago yang diusung PDIP, NasDem,PKB dan Hanura itu tetap berada di atas semua golongan.
"Lingkar 98 meminta kepada Jokowi untuk mau menyatakan komitmennya secara tertulis untuk tidak melakukan rangkap jabatan sebagai ketua, atau pengurus partai politik," ujar Koordinator Lingkar 98, Bernard Haloho, dalam keterangan pers Lingkar 98, Selasa (20/52014).
Selain itu, Lingkar 98 juga mendesak Jokowi menunjukkan keseriusannya untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM dan penculikan aktivis. Meski Jokowi tak mempunyai jejak rekam HAM yang buruk, namun menurut Bernard, Jokowi belum secara lantang mengeluarkan komitmen untuk menegakkan HAM.
"Petisi ini kami ajukan khususnya kepada calon presiden Jokowi. Kenapa hanya Jokowi, karena dia merupakan calon presiden yang sangat dicintai oleh masyarakat luas dengan dibuktikan besarnya antusiasme masyarakat kepada Jokowi pada setiap kunjungannya ke bawah," kata Bernard.
Bila Jokowi mau menandatangani komitmen tertulis tersebut maka, menurut Bernard, itu akan menjadi dasar bagi Lingkar 98 untuk mengawal kiprah Jokowi bila ia terpilih sebagai presiden.
“Bila ia melanggar komitmen tersebut, maka kami Lingkar 98 akan maju pertama kedepan untuk menegur Jokowi,” ujar Bernard.  Petisi kepada Jokowi itu disebarkan di Change.org.  [Fitra Iskandar/metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar