Rabu, 07 Mei 2014

Begini Jika Pengamat Menggurui Para Kiai


Para kiai diminta untuk tidak mudah terpesona oleh pencitraan para kandidat calon presiden (capres) yang datang untuk meminta restu dan dukungan. Hal tersebut dikatakan pengamat media UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Iswandi Syahputra.
"Kiai jangan mudah terpesona pencitraan capres yang mengunjunginya. Kunjungan capres itu bukan silaturahmi biasa, tetapi silaturahmi politik karena terkait dengan pemilihan presiden. Jika ada kunjungan capres sebaiknya Kiai tanyakan visi-misi mereka. Kalau belum ada, tawarkan mereka jadi santri," kata Iswandi kepada media, Rabu (7/5/2014).
Dijelaskannya, kiai memiliki posisi strategis karena memiliki kharisma dan pendukung yang banyak. Menurut Iswandi, kiai merupakan titik temu antara simbol religius dan budaya.
“Karena posisi sosial itulah kiai menjadi sangat strategis secara politik. Terutama kiai sepuh dan berpengaruh, pasti memiliki pengikut yang banyak. Pengikut Kiai ini yang sebenarnya menjadi target komunikasi capres itu," papar dosen ilmu komunikasi itu.
Iswandi menambahkan, para kiai perlu memahami bahwa kunjungan para capres itu merupakan hasil setingan. Sebab,
para capres saat berkunjung juga membawa serta media.
“Disetting demikian agar citra capres secara batin dekat dengan kelompok mayoritas santri. Silaturahmi setting-an ini yang harus dipahami sebagai pencitraan," jelasnya.  [fas/jpnn]

1 komentar:

  1. Harusnya Pak Iswandi sampaikan hal ini langsung berhadapan dg para Kiai, insya Allah minimal Bpk diberi tausyiah dr Kiai tentang keutamaan sikap husnuzan kpd siapapun yg datang bersilaturahmi.

    BalasHapus