Jumat, 16 Mei 2014

Sri Sultan Belum Bisa Tandingi Jokowi

Santer terdengar Sri Sultan Hamengkubuwono XI akan masuk dalam bursa calon presiden (capres) 2014. Raja Ngayogyakarta Hadiningrat itu disebut-sebut akan diusung Partai Demokrat.
Mungkinkah Sri Sultan bakal mengalahkan Joko Widodo? Menurut pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syamsuddin Haris, elektabilitas Sri Sultan belum mampu menyaingi elektabilitas pria yang akrab disapa Jokowi.
"Peluang dia (Sri Sultan-red) tetap saja kecil. Jokowi tetap lebih tinggi," tutur Syamsuddin dalam diskusi publik ARB dan Arah Koalisi Golkar di Restoran Bumbu Desa, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Jumat (16/5/2014).
Hal tersebut, lanjutnya, terlihat dari beberapa survei yang telah diadakan sebelumnya. Posisi Sri Sultan tetap berada di bawah Jokowi. "Dulu-dulu kan namanya juga sudah muncul di survei. Dipasangkan dengan siapa juga kemungkinannya tetap kecil," ujar Syamsuddin.
Namun, Syamsuddin mengakui kehadiran Sri Sultan dalam bursa capres 2014, tidak menutup kemungkinan mampu merebut perhatian sebagian suara rakyat Jawa. "Bisa menggerus suara rakyat Jawa, terutama Yogyakarta," tandasnya.  [Jco/metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar