Kamis, 01 Mei 2014

NasDem: Jokowi itu Produk Lokal

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat, Akbar Faizal, mengatakan calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Joko Widodo merupakan produk lokal. Hal ini disampaikan untuk menampik sejumlah kabar Jokowi adalah sosok yang terintervensi kekuatan negara lain atau asing. "Justru alasan NasDem usung Jokowi karena dia produk asli dan lokal," kata Akbar, Rabu (30/4/2014).
Ia menilai Jokowi adalah tokoh yang besar di daerah tanpa ada campur tangan dan relasi dengan negara lain. Kiprahnya sebagai Wali Kota Solo juga tak berhubungan langsung dengan kepentingan asing yang justru lebih kental jika menjadi pejabat daerah di DKI Jakarta. "Dia saja di DKI Jakarta baru dua tahun, tak masuk akal kalau sudah dipengaruhi asing," kata Akbar.
Isu intervensi asing dalam pencalonan Jokowi sebagai capres mulai berhembus pasca pertemuan Gubernur DKI Jakarta tersebut bersama Megawati di rumah Jacob Soetojo. Di rumah yang terletak di kawasan Permata Hijau tersebut, Jokowi bertemu dengan sejumlah duta besar negara lain.
Isu ini kemudian bergulir sebagai bentuk dukungan dan intervensi asing pada Jokowi. Bahkan, kedatangan tersebut dimaknai sebagai sikap tunduk Jokowi pada kekuatan asing yang terwujud dari sosok duta besar. Salah satu efeknya adalah demonstrasi di kantor NasDem yang menuntut pencabutan dukungan pada PDIP dan Jokowi.
"Kami dukung pemerintahan yang bebas intervensi asing. Kami dukung 1.000 persen. NasDem dan PDIP jamin pemerintahan Jokowi bebas asing," kata Akbar.  [Fransisco Rosarians/tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar