Rabu, 21 Mei 2014

Jokowi: Cegah Inflasi tidak dengan Impor

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, mengawasi manajemen distribusi merupakan kunci utama dalam mengendalikan laju inflasi. Hal itu dikatakan Jokowi di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional V Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2014 di Hotel Grand Sahid, Rabu (21/5/2014).
"Kalau stoknya ada, manajemen ditribusi dilihat. Sampai tidak ke konsumen, sampai tidak ke retail," ujar calon presiden dari PDIP tersebut.
Hal lain yang harus diperhatikan untuk mencegah inflasi, menurut Jokowi, yaitu memastikan ketersediaan stok barang. Namun, kata dia, stok barang ini harus diisi oleh daerah lain, bukan dari impor.
"Mengapa kemarin saya ambil beras dari Makasaar? Karena di sana banyak, tapi di sini tidak ada. Interkoneksi ini harus disambungkan," ujar Jokowi.
Kalau hal tersebut dilakukan secara konsisten, Jokowi yakin inflasi akan turun. Dia bahkan mengatakan, sudah membuktikan hal tersebut ketika masih menjabat sebagai wali kota Solo.
"Dulu pernah turun 1,53 persen waktu saya jadi wali kota. Karena manajemen selalu dicek, gudang selalu dicek, distribusi selalu dicek," kata Jokowi.  [republika]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar