Rabu, 19 Maret 2014

Mengapa Jokowi dan Ahok Populer di Masyarakat?

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo selalu merajai hasil survei calon presiden. Pengamat Politik Indobarometer M Qodari membeberkan alasan kenapa calon presiden dari PDIP itu menjadi populer di masyarakat.
Menurut Qodari, banyak pemimpin berasal dari daerah "Dia walikota dan melakukan perubahan di Solo. Lalu masuk di Jakarta sebagai Gubernur. Di daerah wilayahnya kecil sehingga jika terjadi perubahan akan segera terlihat," kata Qodari di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (19/3/2014).
Qodari mengatakan posisi bupati, walikota, gubernur dan presiden merupakan jabatan politik. Hal itu juga terkait dengan pelaksanaan pilkada langsung. Sehingga banyak posisi seperti Gubernur terpilih yang berasal dari bupati.
"Presiden kemungkinan datang dari gubernur, ini akan berjalan kalau kepala daerah dipilih secara langsung sehingga punya tanggungjawab dan tekanan. Dia harus dianggap sukses oleh masyarakat," tutur Qodari.
Kepala daerah lainnya yang dianggap sukses serta populer adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menjabat sebagai bupati Bangka Belitung.
"Kepala daerah yang memberlakukan pendidikan gratis ya Ahok. Makanya populer. Dia jadi caleg Golkar urutan empat tetap masuk (Senayan)," kata Qodari.

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar