Senin, 19 Mei 2014

Sudah Lama Para Akademisi Duetkan Jokowi-JK

Joko Widodo alias Jokowi dan Jusuf Kalla ternyata sejak lama telah disandingkan oleh kalangan aktifis diIndonesia.
Pada April tahun 2010 lalu, Joko Widodo dan Jusuf Kalla diundang dalam sebuah kegiatan di Makassar dengan nama Jambore Forum Warga yang digelar gabungan lembaga swadaya masyarakat mengatasnamakan Kaukus 17++.
Lembaga tersebut merupakan gabungan lembaga penerima bantuan dana dari Ford Foundation.
"Kita mau mendekatkan pemimpin dengan rakyat. Kita memperkenalkan pemimpin masa depan dengan harapan mereka membangun Indonesia," kata Presedium Seknas Sulsel, Mulyadi Prayento, Senin (19/5/2014).
Dalam Jambore Forum Warga yang digelar di Asrama Haji, Sudiang, Makassar tersebut FIK Ornop dan Lapesdam NU bertugas sebagai pelaksana dan dihadiri kelompok dampingan LSM seIndonesia.
Joko Widodo dan Jusuf Kalla diundang sebagai pemateri.
Jokowi membawakan materi membangun tanpa penggusuran sementara Jusuf Kalla membawa materi bangsa yang pluralisme. Namun kala itu, Jusuf Kalla tidak bisa hadir dan digantikan oleh mantan anggota DPD Sulsel, Aksa Mahmud.
Selain keduanya, turut hadir pula Wali Kota Makassar ketika itu, Ilham Arif Sirajuddin, dengan materi inovasi penanggulangan kemiskinan dan Bupati Gowa Ihsan Yasin Limpo dengan materi inovasi pendidikan gratis.
 "Waktu itu Jokowi datang naik taksi tanpa ajudan dan pulang sendiri naik taksi. Bahkan dalam diskusi Ihsan Yasin Limpo sempat panel dengan Joko Widodo. Ada itu dokumentasi gambarnya di Fik Ornop," ucap Mulyadi.
 Ia menambahkan, gabungan aktifis itulah yang kemudian membangun jaringan mendukung Jokowi. Sebagian besar ada yang masuk bergabung dalam Sekertariat Nasional (Seknas) Jaringan Organisasi Komunitas dan Organisasi Warga Indonesia(Jokowi).   [Yud/tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar