Senin, 19 Mei 2014

KPU Akan Verifikasi Dokumen Jokowi-JK

Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Jowo Widodo (Jokowi) dan Muhammad Jusuf Kalla (JK) sudah resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin 19 Mei 2014. Selanjutnya, mereka akan mengikuti tahap yang sudah diatur oleh KPU.
"Setelah ini, mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Tentang waktunya sampai 23 Mei di RSPAD," kata anggota KPU, Sigit Pamungkas di kantor KPU, Jakarta, Senin 19 Mei 2014.

Untuk saat ini, lanjut Sigit, petugas KPU akan melakukan verifikasi atas berkas atau dokumen yang diserahkan oleh Jokowi dan JK. Sejauh yang dia ketahui mereka sudah menyerahkan 24 item dokumen termasuk LHKPN dari KPK.
"Satu minggu pemeriksaan dokumen, diperiksa kelengkapan dan kebenarannya. Apakah jumlah lengkap dan isinya benar," jelasnya.
Sigit menambahkan, apabila ada kekurangan atau ketidakbenaran dokumen, maka tim verifikator akan meminta pasangan dari PDIP, Nasdem, PKB dan Hanura itu untuk memperbaikinya. Setelah itu, pihaknya akan melakukan pengecekan sekali lagi.
"Kami verifikasi ulang. Kalau memenuhi lolos, kalau tidak ya tidak," katanya.
Seperti diketahui, Jokowi dan JK tiba di ruang pendaftaran yang berada di lantai 2 Gedung KPU pukul 14.15 WIB dengan berkemeja putih dan celana panjang hitam. Kedua tokoh ini didukung PDIP, Partai Nasdem, PKB dan Partai Hanura.
"Kami datang dan mengisi persyaratan yang ditentukan KPU," kata Jokowi di kantor KPU Jalan Iman Bonjol, Jakarta Pusat, Senin, 19 Mei 2014.
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP, Puan Maharani, menuturkan, terkait dengan pengusungan Jokowi dan JK sebagai calon presiden dan calon wakil presiden. Dia berharap masyarakat Indonesia bisa mengawal proses pilpres yang akan dilakukan pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang.
"Ini sebagai pemenuhan persyaratan secara resmi yang akan dimulai 10 Juni hingga waktu pencoblosan 9 Juli yang akan datang, sehingga amanah bersih dan mempunyai komitmen kepada rakyat untuk mengawal sistem presidensial," kata Puan.  [adi/vivanews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar